Ayo, Bedah Buku Yusra Habib Lewat Daring

Cover buku

halaman7.com Banda Aceh: Tokoh sentral Gerakan Aceh Merdeka (GAM) asal Gayo, Yusra Habib Abdul Gani, baru-baru ini, melahirkan satu buku penting yang berjudul “Mozaik Riwayat Hidup Yusra Habib Abdul Gani: Rencam dan Mencekam.”

Buku yang diterbitkan Mahara Publising itu direncanakan akan dibedah secara publik (terbuka) lewat media dalam jaringan (Daring), pada Sabtu 11 Oktober 2023, malam, lewat tajuk Bincang Buku.

“InsyaAllah akan diadakan lusa, Sabtu malam Minggu, secara daring melalui zoom meeting, mulai pukul 20:00 WIB. Alhamdulillah, penulis sudah bersedia,” ujar kata Direktur Mahara Publishing, Yusradi Usman al-Gayoni, Kamis 19 Oktober 2023.

Dikatakan, ini merupakan kegiatan ke 54 yang digelar selama satu tahun tujuh bulan ini.

Dijelaskan Yusradi, buku “Mozaik Riwayat Hidup Yusra Habib Abdul Gani: Rencam dan Mencekam” terbitan Mahara Publishing (2023) tersebut terdiri dari sepuluh bagian. Bagian pertama, Merangkak Mencari Jati Diri; bagian Kedua: Bertarung Nasib di Jakarta; bagian Ketiga: Hijrah ke Luar Negeri.

Bagian Keempat, Menerima Perintah dari Tengku Hasan M di Tiro (Wali Negara), bagian Kelima: Membangun Kembali Kekuatan Politik Aceh Merdeka, bagian Keenam: Aceh Merdeka Menghadapi Ujian Berat.

Pendiri dan pengelola Perpustakaan Gayo tersebut menambahkan, bagian Ketujuh, sambungnya, Alhamdulillah Aku Masih Hidup. Bagian Kedelapan, Karya-karya Ilmiah, bagian Kesembilan: Fase Penentuan Status Negara Aceh Darussalam, bagian Kesepuluh: Meretas Kreativitas Tanpa Batas,” tutur Yusradi.

Dilanjutkan Yusradi, selain sepuluh bagian tersebut, autobiografi Yusra Habib Abdul Gani juga menceritakan tentang sosok orang tua tokoh Aceh asal Gayo itu, yaitu Abdul Gani bin Ra’di (bapak) dan Tjut Wan Jurian binti Khadijah (ibu).

“Termasuk, secara khusus, ada bahasan tetang eksistensi manusia dalam falsafah Gayo. Semuanya 765 halaman, ukuran 17 x 24 cm. Cukup tebal. Banyak informasi, pengetahuan tentang Gayo dan Aceh, pelajaran yang bisa tersaji dan ilmu yang bisa diambil dari buku ini,” sebut Yusradi.

Baca Juga  Martunis Curi Sepeda Motor Andrea

Bincang buku “Mozaik Riwayat Hidup Yusra Habib Abdul Gani: Rencam dan Mencekam,” bisa diikuti melalui tautan Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/86977074566?pwd=RW9pSXA2d0JVeHlVTXZ6Y3o0OC9BUT09,

Meeting ID: 869 7707 4566, dan Passcode: 002878.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.