Puting Beliung Porak Poranda Kota Takengon

Atap Ruko di Kota Takengon, Aceh Tengah diterbangkan puting beliung.[FOTO: h7 - dok ss]

halaman7.com – Aceh Tengah: Bencana alam puting beliung melanda ibu kota Kabupaten Aceh Tengah, Takengon, Senin 30 Oktober 2023, sore. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Hanya saja, akibatnya sejumlah toko, rumah dan masjid mengalami kerusakan serius, karena atap rumah dan Ruko, termasuk satu kubah masjid diterbangkan angin putar yang mengamuk tersebut.

Menurut Kalaksa BPBD Aceh Tengah, Andalika, berdasarkan data hingga hingga malam ini, puluhan atap rumah dan Ruko diterbangkan angin.

Kesaksian itu terjadi pukul 15.40 Wib di Kampung Takengon Timur, Kecamatan Lut Tawar.

Dari dampak bencana tersebut, terdata sementara sampai saat ini ada dua rumah rusak berat, milik Hijrah Syahputra dan Ansari. Keduanya warga Kampung Tetunjung.

Sedangkan dua rumah yang rusak ringan, milik Sumitro warga Tetunyung dan Hasnimar warga Kampung Boom. Sedangkan kubah masjid yany rubuh, Masjid KMAP.

Selain itu, puluhan atap toko dan lapak pedagang kaki 5 sampai saat ini masih belum terdata. Hal ini disebabkan para pedagang kaki 5 tersebut langsung pulang menyelamatkan barang dagangannya.

“Sementara ruko-ruko yang lain kebanyakan atap pada lantai 4 yang biasa digunakan untuk menjemur kain dan gudang terbuka yang diterbangkan angin,” jelas Andalika.

Dikatakan, dalam upaya penanganan pascabencana, BPBD beserta Dinas Sosial akan memberikan bantuan masa panik kepada korban yang rumah tinggalnya terkena tiupan bangin, baik rusak berat maupun rusak ringan.

“Saat ini ada 1 KK yang harus mengungsi atas nama Hijrah Syahputra,” jelas Andalika.

Dikatakan, meski bencana telah reda, saat ini, TRC PB BPBD masih mencoba proses finalisasi pendataan korban.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *