7 Film Indonesia Terpopuler Sepanjang 2023

2023 bisa dikatakan tahun kebangkitan perfilman Indonesia. Paska pandemi Covid-19, produksi film Indonesia mencapai ratusan judul dari berbagai genre, baik horor, drama, petualangan, fiksi dan genre lainnya.

Dari ratusan judul film yang produksi pada tahun ini, halaman7.com menghimpun dari berbagai sumber, setidaknya ada 7 film terpopuler sepanjang 2023, dengan jumlah penonton mencapai jutaan orang.

Pada umumnya, jumlah penonton terbanyak itu dari film ber genre horor. Berikut 7 film terpopuler sepanjang 2023.

Pada posisi tertinggi, mengutip dari katadata.co.id, posisi tertinggi dipegang film ‘Sewu Dino’ dengan jumlah penonton 4.891.609 orang sejak tayang pada 19 April 2023. Film ini diproduksi MD Pictures dan diestimasikan meraup pendapatan kotor sebesar Rp202,6 juta.

Sewu Dino diadaptasi dari sebuah utas cerita horor di twitter yang ditulis SimpleMan, penulis kisah horor yang sama dengan film KKN di Desa Penari (2022). Menurut sang penulis, sebagian film ini terinspirasi dari kisah nyata.

Posisi kedua, ‘Di Ambang Kematian’ dengan jumlah 3.300.000 penonton. Film yang juga bergenre horor ini diproduksi oleh MVP Pictures.

Film ini mengisahkan, perjanjian iblis telah membunuh satu keluarga yang menjadi tumbal tumbal. Hanya seorang saja yang hidup. Dia adalah Nadia. Imbas persugihan yang dilakukanya ayahnya, dengan membuat perjanjian iblis, guna memperancar bisnis lewat ritual menggunakan kepala kambing, membuat hidup Nadia penuh kesuraman.

Film horor produksi Raam Punjabi, Amrit Punjabi ini mempercayakan sutradaranya pada Azhar Kinoi Lubis. Dengan sederet pemain, diantaranya, Taskya Namya, Wafda Saifan, Rifnu Wikana, Kinaryosih, Raya Adena, Farras Fatik.

Posisi ketiga datang dari genre drama, yakni ‘Air Mata di Ujung Sajadah’ dengan jumlah penonton sebanyak 3.127.671 orang.

Baca Juga  Polda Aceh Gelar Operasi Ketupat Seulawah

Film ‘Air Mata di Ujung Sajadah’ salah satu film Indonesia yang berfokus kepada tema drama keluarga. Disutradarai Key Mangunsong, film ini memperlihatkan perjuangan seorang ibu yang berusaha untuk mendapatkan kembali hak asuh anaknya.

Film ini menampilkan aktris Titi Kamal, Fedi Nuril, dan Citra Kirana sebagai pemeran utama. Sementara Faqih Alaydrus, seorang aktor cilik, juga turut berperan sebagai Baskara, anak yang menjadi pusat perjuangan ibu kandungnya.

Posisi keempat, film ‘172 Days’ dengan jumlah 2.683.172 penonton.

Film 172 Days dirilis di seluruh Indonesia, pada 23 Nopember 2023. Film yang diadaptasi dari novel karya penulis Nadzira Shafa ini menceritakan tentang kisah cinta penuh haru antara Ameer Azzikra dan Nadzira Shafa.

Nadzira Shafa, selaku sang penulis rupanya ingin membagikan langsung bagaimana perjalanan cintanya dengan mendiang suaminya, Ameer Azzikra melalui novel yang kemudian menjadi salah satu buku best seller di Indonesia.

Film bioskop 172 Days disutradarai Hadrah Daeng Ratu, yang sebelumnya telah terlibat dalam film-film, seperti Until Tomorrow (2022), Mars and Venus (2017), dan Merindu Cahaya de Amstel (2022).

Posisi kelima, film ‘Petualangan Sherina 2’, sebanyak 2.414.504 penonton.

Film ini dirilis pada September 2023 ini, setelah 23 tahun lalu, film kelanjutan dari Petualangan Sherina yang rilis 2000. Petualangan Sherina 2 digarap sutradara Riri Riza dan naskah tulisan Mira Lesmana bersama Sherina Munaf dan Virania Munaf.

Film ini menceritakan pertemuan kembali Sadam dengan teman masa kecilnya Sherina. Meski sekarang keduanya telah dewasa, Sherina dan Sadam kembali menjalani petualangan di tengah hutan.

Sherina dewasa dan bekerja sebagai seorang wartawan ditugaskan untuk melakukan liputan khusus tentang masalah lingkungan hidup di hutan Kalimantan. Disinilah ia kembali bertemu dengan Sadam.

Baca Juga  Sabang Mulai Seleksi MTQ 2023

Posisi keenam, ‘Waktu Maghrib’ dengan penonton 2.409.122 penonton.

Waktu Maghrib, film horor Indonesia yang disutradarai Sidharta Tata. Film produksi Rapi Films dan Sky Media ini dibintangi Ali Fikry, Bima Sena, dan Nafiza Fatia Rani. Waktu Maghrib tayang perdana di bioskop Indonesia pada 9 Februari 2023.

Film ini mengisahkan, Adi, Saman, dan Ayu tinggal di Desa Jatijajar, satu desa terpencil di Jawa Tengah. Karena harus membantu keluarga mereka di ladang, Adi dan Saman sering terlambat masuk sekolah. Akibatnya, keduanya sering dihukum Bu Woro, guru mereka yang disiplin dan galak.

Suatu hari, kekesalan Adi dan Saman terhadap Bu Woro memuncak. Mereka menyumpahi Bu Woro, bahkan berharap agar guru itu mati saja. Sumpah ini terucap bersamaan dengan berkumandangnya adzan Maghrib. Tak lama sesudahnya, Bu Woro meninggal secara mengenaskan. Sejak itu, Adi dan Saman mengalami teror supranatural yang mengerikan.

Hadir mahluk halus misterius berseragam guru, persis seperti yang dikenakan Bu Woro sewaktu tewas dulu. Lama kelamaan, teror tak hanya mengancam fisik, namun juga jiwa mereka. Setelah membantai ayam peliharaan Pak Lurah, Saman melawan kakaknya hingga tewas. Usai melakukan aksi penuh darah ini, remaja itu kesurupan.

Saman kemudian ditangkap oleh Kades dan warga. Namun saat akan diserahkan kepada Pak Polisi. Saman bunuh diri tepat di saat adzan Maghrib berkumandang. Ayu menduga ada kekuatan jahat yang lebih menakutkan di balik rentetan kejadian ini.

Akhirnya melalui Pak Lik nya seorang penderita trauma psikologis yang mengalami kejadian sama 30 tahun lalu akhirnya Ayu mendapatkan kekuatan dan arahan. Jika ia tak melakukan sesuatu, Adi akan bernasib sama.

Terakhir di urutan ke-7, film ‘Suzzana: Malam Jumat Kliwon’ dengan 2.189.363 penonton.

Baca Juga  Wow.. Ada Film Begini di Bioskop Akhir Tahun Ini

Di rilis pada awal Agustus 2023. Judul yang mengambil nama legend horor Indonesia ini mengisahkan seorang wanita yang bernama Suzzanna saat hamil tua yang menjadi korban santet. Ternyata Suzanna memiliki satu buku harian, yang dikemudian hari ditemukan penulis novel misteri Ayu Sutrisna.

Dalam buku harian itu, Suzanna mengungkap kisah tragisnya. Dimana hidupnya penuh dengan teror santet yang mengerikan. Disinilah, kisah menakutkan itu dibangun oleh sutradara Guntur Soeharjanto.

Sederat bintang ternama tanah air, mulai dari Luna Maya, Achmad Megantara, Tyo Pakusadewo, Adi Bing Slamet dan Sally Marcellina, membangun emosi anda dalam menontonya di layar bioskop di film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon.

Berikut daftar 7 dari 10 film Indonesia terlaris 2023 yang dihimpun Studio Antelope:

  1. 1.Sewu Dino: 4.891.609 penonton
  2. 2.Di Ambang Kematian: 3.300.000 penonton
  3. Air Mata di Ujung Sajadah: 3.127.671 penonton
  4. 172 Days: 2.683.172 penonton
  5. Petualangan Sherina 2: 2.414.504 penonton
  6. Waktu Maghrib: 2.409.122 penonton
  7. Suzzana: Malam Jumat Kliwon: 2.189.363 penonton.[andinova] 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *