Kuta Barat Sabang Juara ke 3 KIP Nasional

Keuchik Kuta Barat menerima anugerah KIP di Istawa Wapres.[FOTO: h7 - dok humas Pemko]

halaman7.com – Jakarta: Gampong Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang berhasil meraih juara ke tiga Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa l – 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Komisi Informasi Pusat, Doni Yusgiantoro kepada Keuchik Kuta Barat, Muhammad  Hamin, pada acara Anugrah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa,  di istana Wakil Presiden, Selasa 19 Desember 2023.

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengatakan KIP adalah unsur esensial dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik. Merupakan salah satu penentu keberhasilan program program reformasi birokrasi.

Penganugrahan ini hendaknya menjadi pendorong dan penyemangat bagi seluruh badan publik untuk terus berbenah. Karena kebijakan terkait Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana diamanatkan di Undang-Undang harus dilaksanakan secara komulatif baik di pemerintah pusat sampai ke pemerintah desa.

“Saya meyakini, transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi dan tujuan akhirnya ialah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat” ujar Wapres.

Ketua Informasi Pusat, Doni Yusgiantoro mengatakan, pada 2023 ini badan publik yang masuk kategori “informative” naik secara signifikan dari 2022, yaitu dari 122 badan bublik menjadi 139 badan publik.

“Hasil pemeringkatan ini bukan hanya dimaknai sebagai ajang kontestasi, tapi harus dimaknai sebagai tolak ukur implementasi KIP,” ujar Doni Yusgiantoro.

Pj Walikota Sabang, Reza Fahlevi, menjelaskan, keberhasilan Gampong Kuta Barat ini, diraih setelah melalui rangkaian penilaian dan kunjungan vistasi tim penilai yakni Komisi Informasi Pusat, serta Kementerian Desa dan PDT. Didampingi Komisi Informasi Aceh (KIA) beberapa waktu yang lalu. Gampong ini dinilai layak masuk 3 besar nasional, karena aspek keterbukaan informasi publik di desa ini sudah berjalan dengan sangat baik.

Alhamdulillah, setelah melalui berbagai tahapan dan proses. Akhirnya Gampong Kuta Barat mampu bersaing dengan daerah di seluruh Indonesia. Membawa kebanggaan bagi Kota Sabang dan Aceh umumnya.

Baca Juga  Dosa Politik Bisa di Tip ex, Tapi..

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras aparatur desa, dengan pendampingan yang diberikan KIA secara berkelanjutan,” kata Pj Walikota Sabang, Rabu 20 Desember 2023.

Prestasi diraih Gampong Kuta Barat ini, lanjut Reza, menjadi inspirasi dan motivasi bagi desa-desa lainnya di Kota Sabang. Untuk berpacu dalam membangun keterbukaan informasi publik. Sehingga mampu mendorong partisipasi masyarakat menuju terciptanya tata kelola pemerintahan desa yang transparan dan lebih baik lagi ke depannya.

Keucik Kuta Barat Sabang, Muhammad Hamim usai menerima penghargaan mengatakan, penghargaan  yang diberikan pada Gampong Kuta Barat ini sangat luar biasa. Sehingga sangat membanggakan bagi masyarakat Aceh, terutama kota Sabang.

Terima  kasih kepada semua pihak terkait yang mendukung dan berpartisipasi. Sehingga Gampong Kuta Barat mampu bersaing di tingkat nasional dan masuk ke 3 besar regional wilayah barat kategori Pemerintah desa yang informatif.

“Kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih hari ini. Keberhasilan ini merupakan buah dari kerja semua masyarakat gampong Kuta Barat.  InsyaAllah kita akan terus memperbaiki kekurangan yang ada sehingga kedepan semakin baik,” ujar M Hamim.[ril | M Munthe]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *