AKBP Arie Paloh, Putra Aceh Jadi Kapolres Madina

AKBP Arie Sofandi Paloh, saat menjabat Kasat Lantas Polres Aceh Tengah.[FOTO: h7 - lintasgayo.co]

halaman7.com – Banda Aceh: Dalam mutasi yang dilakukan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, terhadap 211 perwira menengah (Pamen) dan Perwira Tinggi (Pati), terdapat satu orang putra Aceh, AKBP Arie Sofandi Paloh yang dipercaya menjadi Kapolres Mandailing Natal (Madina), Polda Sumatera Utara (Sumut).

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/171/I/KEP/2024 dan ST/172/I/KEP/2024 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo, Selasa, 23 Januari 2024.

Dalam telegram itu, Kapolres Madina, AKBP Reza Chairul Akbar Siddiq dimutasi sebagai Wakapolresta Serang. Posisi yang ditinggalkan AKBP Reza akan digantikan AKBP Arie Sofandi Paloh yang sekrang masih menjabat Kasubditaudit Ditpamobvit Polda Bengkulu.

Dari informasi yang dihimpun halaman7.com, Jumat 26 Januari 2024, AKBP Arie Paloh juga sempat meniti karir di Polda Aceh. Kurun waktu 2014-2015, saat berpangkat AKP, Arie pernah menjabat Kasat Lantas Polres Aceh Tengah.

AKBP Arie Paloh juga pernah menjabat Kasubbagdiapers di Biro SDM Polda Aceh. Pada Maret 2022, saat berpangkar Kompol, Ari Paloh mendapat kesempatan mengikuti pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Angkatan 62, bersama 5 perwira lainnya dari Polda Aceh.

Kapolda Aceh saat itu, Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar menyatakan, Sespimmen merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi anggota Polri untuk menjabat Kepala Kepolisian Resor (Kapolres).

Dimana, pendidikan Lemdiklat Polri diharapkan menghasilkan calon Kapolres yang mampu bertugas merencanakan, mengembangkan, profesi, manajerial, akademis dan vokasi.

“Untuk menjadi seorang Kapolres, Sespimmen menjadi syarat yang sangat penting termasuk menduduki jabatan-jabatan strategis lainnya,” ujar Irjen Achmad Haydar kala itu.

Selepas Sespimmen, AKBP Arie Paloh mendapat penugasan ke Polda Bengkulu dan saat ini, Kapolri mempercayainya sebagai Kapolres Madina.[andinova | red 01]

Baca Juga  Dua Senpi Aktif tak Bertuan Ditemukan di Tamiang

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.