Tingkatkan SDM Guru, Langsa Kerjasama dengan USK

Pemko Langsa dan USK lakukan kerjasama tingkatkan muda guru.[FOTO: h7 - dok humas pemko]

halaman7.com – Langsa: Pemerintah Kota (Pemko) Langsa melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala (USK), di ruang rapat walikota, Selasa 23 Januari 2024.

Pj Walikota, Syaridin mengatakan pihaknya menyambut baik kerjasama tersebut karena ini merupakan momentum yang sangat bagus untuk dunia pendidikan.

“Dengan kerjasama ini guru di Kota Langsa sudah dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi yaitu S2. Apalagi tenaga didik dengan usia relatif muda pada program studi IPA dan bahasa Inggris, ” katanya.

Lanjutnya, salah satu indikator kemajuan daerah hadirnya pendidikan karena jika pendidikan berkembang maka akan diikuti oleh kemajuan sumber daya manusia.

“Untuk pengembangan diri harus ada keinginan dari pribadi masing-masing baik dari jalur mandiri atau difasilitasi oleh pemerintah, karena kalau dari pemerintah tentu sangat tergantung pada kemampuan keuangan daerah,” ujarnya.

Kemajuan Bangsa

Hal senada juga diungkapkan Sekda kota Langsa, Ir Said Mahdum Majid dengan program kerjasama ini akan melahirkan guru berkualitas disebabkan tanpa guru tidak ada kemajuan suatu bangsa.

“Jadi Alhamdulillah, melalui MoA ini akan ada terobosan baru bagi tenaga didik dalam pengembangan diri, ilmu pengetahuan dan keterampilan,” sebutnya.

Sementara Dekan FKIP, Dr Drs Syamsulrizal menjelaskan kerjasama tersebut dalam rangka peningkatan kualitas guru melalui program kerja yang telah ditetapkan bersama.

Tujuan utama yaitu jika ada guru-guru di wilayah Dinas Pendidikan Kota Langsa ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas Syiah Kuala melalui Program Magister Pendidikan maka siap diterima.

“Namun bukan kelas jarak jauh karena tidak dibenarkan oleh peraturan,” kata Syamsulrizal.[Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.