Mantan Danrem Teuku Umar Jadi Danjen Kopassus

Mayjen TNI Djon Afriandi

halaman7.com – Banda Aceh: Mantan Komandan Korem (Danrem) Teuku Umar, Kodam IskandarMuda (IM), Brigjen TNI Djon Afriandi, ditunjuk Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Brigjen Djon yang sempat bertugas dua tahun di Aceh ini, menggantikan Mayjen TNI Deddy Suryadi yang dimutasi sebagai Pangdam Diponegoro.

Pergeseran jabatan perwira tinggi di Korps Baret Merah tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Brigjen Djon Afriandi merupakan lulusan terbaik Akademi Militer 1995 dan peraih Adhi Makayasa.  Brigjen Djon berasal dari satuan infanteri Kopassus dan beberapa kali memegang jabatan penting di satuan elite TNI AD tersebut.

Sebelum diangkat menjadi Danjen Kopassus, Brigjen Djon Afriandi menduduki jabatan sebagai Staf Khusus KSAD.

Pria kelahiran Payakumbuh pada 14 Juni 1972 itu juga tercatat pernah menjabat jabatan penting di TNI maupun TNI AD.

Brigjen Djon pecah bintang menjadi Jenderal Bintang Satu setelah melepas jabatan Danrem 012 Teuku Umar yang diembannya selama dua tahun pada 2020-2022, yang berkedudukan di Meulaboh, Aceh Brat.

Setelah itu dipromosikan menjadi Danmentar Akmil selama satu tahun pada 2022-2023.

Selang setahun kemudian, karier Brigjen Djon terus meroket dengan menjadi Staf Khusus Kasad pada 2023-2024. Tak butuh lama, per Februari 2024, Brigjen Djon dipercaya memangku jabatan Jenderal Bintang Dua, Danjen Kopassus.

Bukan tidak mungkin, dalam satu atau dua tahun kedepan, Brigjen Djon akan kembali lagi ke Aceh, untuk mengembang tugas sebagai Pangdam IM.[dbs | andinova]

4 tahun halamn7.com
Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *