Euro 2024: Tanpa Tiga Pilar, Spanyol tantang Prancis Dini Hari Nanti

Spanyol vs Prancis dilaga semifinal euro 2024.[FOTO: h7 - dok litbang]

halaman7.com – Banda Aceh: Babak semifinal pertama yang mempertemukan Spanyol vs Prancis akan digelar dini hari nanti, pukul 02.00 Wib, Rabu 10 Juli 2024 di Alianz Arena Stadion, Munich, Jerman dalam gelaran Piala Eropa (Euro) 2024.

Bagi Spanyol, menghadapi Prancis bagaikan laga final kedua. Setelah pada final perdana dilakoni saat menghadapi Jerman di babak perempat final. Pada laga dramatis di babak perempat final itu, Spanyol sukses mengunci kemenangan 2-1, dalam pertandingan sedikit kontroversial.

Sedangkan bagi Prancis, menghadapi Spanyol, menghadapi lawan yang sesungguhnya. Meskipun, di perempat final harus berjuang hidup mati lewat pertarungan adu penalti menghadapi, Portugal. Prancis lolos ke semifinal setelah mengalahkan Portugal 5-3 (0-0).

Dalam laga semifinal dini hari nanti, juru taktik Spanyol, Pelatih: Luis de la Fuente, harus bekerja keras meramu tim yang solid. Pasalnya, tiga pemain pilar mereka terpaksa absein bermain dalam laga ini.

Akumulasi kartu kuning dan cidera membekap para pemain Spanyol. Tiga pemain kuncinya harus rela tak bermain menghadapi Prancis, yakni Pedro Gonzales Lopez atau lebih dikenal dengan nama Pedri.

Dalam gelaran Euro 2024, Pedri sudah dimainkan 4 kali dan satu yang terpenting, saat laga melawan Jerman, satu assist pemain Barcelona ini berhasil dikonversi menjadi gol, yang mengantar kemenangan bagi Spanyol atas Jerman, 2-1.

Robin Le Normand, bek tangguh Real Socieded, sudah bermain di lima laga selema gelaran Euro 2024. Hanya saja, sebagai pemain belakang atau bertahan, resiko terkena kartu kuning atau merah sangat riskan. Normand, kemungkinan tak bisa main karena akumulasi kartu kuning dua kali.

Satu lagi pemain Spanyol yang terkena akumulasi kartu kuning dua kali, Dani Carvajal. Bek asal Real Madrid ini saat laga lawan Jerman, memiliki peran penting. Carvajal, sempat melepaskan 1 tekel dan melakukan empat kali pelanggaran.

Baca Juga  Anak 16 Tahun Bunuh Asa Prancis ke Final Euro 2024

Namun bukan, Luis de la Fuente, namanya kalau tak punyak stok cukup dalam gelaran Euro 2024. Tentu saja, Fuente, masih memiliki stok yang cukup banyak yang bisa dimainkan dalam laga krusial menghadapi Prancis ini.

Bagi Prancis sendiri, para pemain semuanya bisa dimainkan, tidak ada yang cidera atau akumulasi kartu kuning maupun merah. Meskipun, juru taktik Prancis, Didier Deschamps, harus kerja keras, menempatkan pemain, terutama di posisi penyerang dan gelandang, guna membongkar pertahanan tangguh Spanyol.

Prancis, sejauh ini dari lima laga yang sudah digelar selama Euro 2024, masih sangat minim gol. Rabiot, Griezmann, Mbappe dan Thuram, belum bisa menunjukan ketajamannya sebagai gelandang dan penyerang.

Prancis juga memiliki tran positif menghadapi Spanyol. Dalam lima laga terakhir antar kedua tim, Prancis unggul 3 kali kemenangan dan sekali kalah dan sekali imbang lawan Spanyol. Meskipun ini bukan patokan, namun bisa meningkatkan moral pemain Prancis menghadapi Spanyol dalam laga ini.

Bagi kedua tim, sama-sama belum terkalahkan dalam Euro 2024 ini, mulai dari fase penyisihan grup hingga laga dini hari nanti. Hanya saja, dari sisi produktifitas gol selama gelaran Euro 2024, Spanyol lebih unggul mampu mencetak 11 gol dan baru kebobolan 3 gol.

Beda dengan Prancis, diluar gol dalam laga adu penalti, baru mampu mencetak gol 3 gol, itupun dua diantarnya gol bunuh diri lawan yang dihadapi dan baru sekali kebobolan saat melawan Polandia, yang bermain imbang 1-1 saat menghadapi Polandia di penyisihan grup.

Prediksi Kemenangan

Melihat produktifitas dan performa selama gelaran Euro, Spanyol jauh diunggulkan untuk memenangkan pertandingan ini. Dalam laga 90 menit pertandingan normal, Spanyol lebih unggul 35 persen kemenangan, Prancis 31 persen kemenangan dan imbang 34 persen.

Baca Juga  Dandim AcehTimur: Pemuda Harus Berkarakter Moral

Jadi bisa dikatakan, jikapun menang, Spanyol hanya bisa menang tipis 1-0 atau 2-1. Lalu bagaimana pendapat pembaca semua akan laga ini?.[andinova | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *