Euro 2024, Turki vs Austria Gengsi 2 Kuda Hitam

halaman7.com – Banda Aceh: Laga 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024 ditutup dengan mempertemukan dua kuda hitam dalam turnamen kali ini, yakni Turki vs Austria di Red Bull Arena (Leipzig Stadium), Rabu 3 Juli 2024, dini hari Wib.

Meskipun ini bukan debutan, namun dalam gelaran tahun ini, mereka tidak diunggulkan sama sekali, dibangdikan Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis dan Portugal.

Austria dengan lolosnya ke fase 16 besar, tentu sejarah tersendiri, karena ini capaian tertinggi yang baru pertama dirasakan. Bahkan saat Austria menjadi tuan rumah bersama Swiss pada 2008, Austria telah tersinkir di penyisihan grup.

Beda halnya dengan Turki, ini merupakan kali ke 7 keikutsertaan sejak debut pertama 1996, mereka dalam gelaran Piala Eropa. Selama ikut, Turki pernah ciptakan sejarah manis, menembus perempat final di Euro 2000 dan semi final di Euro 2008.

Di Euro 2024 ini, Turki adalah runner up Grup F, dengan torehan enam poin, sama dengan Portugal yang menjadi juara grup. Selama penyisihan grup, Turki mencetak lima gol dan kebobolan lima.

Di laga pembuka, Turki menang 3-1 atas tim debutan Georgia lewat gol-gol Mert Muldur, Arda Guler, dan Kerem Akturkoglu. Hanya saja, di laga kedua, Turki kalah 0-3 dari Portugal. Di laga penentu, Turki menundukkan Republik Ceko 2-1, melalui gol-gol Hakan Calhanoglu dan Cenk Tosun.

Sedangkan, Austria, di fase grup tampil mengesankan, dengan mampu menjadi juara grup D di atas Prancis dan Belanda. Selama penyisihan grup, Austria terbilang produktif dengan torehan mencetak enam gol dan kebobolan empat.

Meski, kalah 0-1 dari Prancis di laga pertama, Austria bangkit dan menumbangkan Polandia 3-1 di laga kedua. Lewta gol yang dipersembahkanm Gernot Trauner, Christoph Baumgartner, dan Marko Arnautovic lewati titk putih, penalti. Di penentu, melawan Belanda, Austria kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Belanda 3-2.

Baca Juga  Jadwal Final dan Prediksi Jitu Juara Uero 2024

Menelisik kebelakang, kedua tim dalam lima laga terakhir masih imbang, sama-sama mengoleksi 2 kemenangan dan sekali imbang. Hanya saja, dalam laga terakhir pertemuan mereka dalam laga persahabatan, pada 27 Maret 24, Austria mencukur Turki 6-1 dalam pertandingan yang digelar di Austria.

Bila dilihat permainan kedua tim selama fase grup, pertandingan dini hari nanti bisa berakhir imbang 1-1. Jikapun, ada yang menang hanya menang tipis saja 1-0 aatu 2-1. Kalau berkahir imbang di waktu normal dan juga ekstra time. Pemenang keduanya ditentukan lewat adu penalti.

Perkiraan sunan pemain:

Austria (4-2-3-1): Pentz; Posch, Danso, Lienhart, Mwene; Seiwald, Grillitsch; Schmid, Baumgartner, Sabitzer; Arnautovic.

Pelatih: Ralf Rangnick.

Turki (4-2-3-1): Gunok; Muldur, Demiral, Bardakci, Kadioglu; Yuksek, Yokuslu; Kahveci, Guler, Yildiz; Yilmaz.

Pelatih: Vincenzo Montella.[andinova | red 01]

Facebook Comments Box

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *