Harimau Mangsa Ternak Kambing di Peunaron

aparat kemanan memastikan kematian kambing warga yang dimangsa harimau.[FOTO: h7 - dok koramil]

halaman7.com – Aceh Timur: Gampong Alu Pinang, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, sempat digegerkan, adanya kemunculan raja hutan, harimau yang memangsa hewan ternak warga, jenis Kambing.

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin, 8 Juli 2024, dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB. Harimau itu memangsa hewan kambing milik Satiman (71 tahun), warga Alu Pinang, Peunaron.

Menurut Satiman, pada saat tengah malam itu, ia mendengar suara kambingnya meronta dari dalam kandang yang terletak di area perkebunan dekat gubuk tempat tinggalnya. Medengar kejadian itu, Satiman segera keluar dari gubuk dan mencoba mengusir harimau yang menyerang ternaknya.

Pada Senin, 8 Juli 2024, Satiman melaporkan kejadian tersebut kepada Babinsa Desa Arul Pinang, Sertu Sunardi. Oleh Sertu Sunardi, informasi itu dilanjutkan ke Koramil Peunaron, untuk diambil tindakan lebih lanjut.

Mendapat laporan itu, personel Koramil Peunaron, Kodim Aceh Timur, dipimpin Serma Pramono, bersama angota Forum Konservasi Lauser (FKL), melakukan pemantauan intensif atas  insiden itu.

Tim Koramil dan FKL di lokasi menemukan kambing milik Satiman dalam kondisi tergeletak dengan bekas gigitan di bagian perut yang diduga akibat serangan harimau.

Dari hasil pemeriksaan dan pemantauan di lapangan, diperkirakan harimau tersebut masih berada di sekitar area lokasi dan berpotensi kembali memangsa ternak lainnya. Jarak antara lokasi kejadian dan pemukiman warga hanya sekitar 1 km. Sehingga potensi ancaman bagi keselamatan warga setempat masih cukup tinggi.

Serma Pramono menegaskan, pihaknya terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan keamanan warga. Diharapkan masyarakat tetap waspada dan melaporkan segera jika ada tanda-tanda keberadaan harimau.[ril | Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *