Atam Budidayakan Bawang Merah 30 Hektar

halaman7.com – Karang Baru: Guna mendukung ketahanan swasembada pangan, Dinas Pertanian Provinsi Aceh melaui Dinas Pertanian Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Aceh Tamiang mengembangkan budidaya tanaman bawang merah seluas 30 Hektar.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Yunus, SP di Karang Baru, Sabtu, 30 Mei 2020 mengatakan tahun ini Dinas Pertanian provinsi Aceh melalui Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan Budidaya Bawang Merah seluas 30 Hektar.

Dari 30 Hektar Bawang Merah tersebut, kata Yunus, ditargetkan akan menghasilkan 16 Ton Bawang Merah dalam perhektarnya saat panen.

“Bawang Merah itu dapat di panen dalam waktu 105 hari, dan dari 30 Hektar lahan bawang merah tersebut diperkirakan akan menghasilkan 480 Ton dengan rincian 16 Ton perhektar,” jelas Yunus.

Untuk lahan seluas 30 Hektar tersebut tersebar di tiga Kecamatan, yakni di Kecamatan Banda Mulia, Seruway dan Kecamatan Rantau.

Jika dirincikan untuk Kecamatan Banda Mulia seluas 25 Hektar masing-masing di Kampung Suka Mulia, Suka Jadi, Paya Rahat dan Kampung Telaga Meuku Dua.

Kemudian, 5 Hektar lagi berada di Kecamatan Seruway, yakni di  Kampung Suka Ramai seluas 3 Hektar dan di Kampung Suka Rakyat  Kecamatan Rantau seluas 2 Hektar.

“Kita berharap dengan di kembangkannya komiditi bawang merah ini dapat meningkatkan penghasilan dan mendongkrak perekonomian para petani, sehingga Visi dan Misi Bupati Aceh Tamiang dalam hal mensejahterakan masyarakatnya dapat tercapai,” pungkas Yunus.

Monitoring Lahan

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pertanian Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Aceh Tamiang juga sebelumnya melakukan monitoring persiapan lahan budidaya tanaman Bawang Merah tersebut.

Lahan Budidaya tanaman Bawang Merah tersebut merupakan lahan  usaha kelompok Mekar Tani yang di Ketuai oleh Poniman di desa Suka Jadi Kecamatan Banda Mulia.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Yunus SP mengatakan saat ini lahan untuk penanaman bawang merah di Kampung Suka Jadi Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang, telah tersedia mencapai kurang lebih 1,5 ha.

“Untuk penanaman bawang merahnya akan dilakukan secara swadaya oleh kelompok tani Mekar Tani dibawah bimbingan Petugas Penyuluh Pertanian  Kecamatan,” sebut Kadis.

Selain melakukan monitoring, Dinas juga melakukan pembinaan kepada Kelompok Tani dan para petani dalam pelaksanaan  budidaya bawang merah.

Menurut Yunus SP, monitoring  tersebut  dilakukan dalam rangka pendampingan dan pembinaan untuk pengembangan bawang merah bagi kelompok tani dan para petaninya.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *