293 Pekerja Luar Aceh Serbu Aceh Tamiang dan Langsa

halaman7.com –  Aceh Tamiang: Sebanyak 293 pekerja luar Aceh asal Brebes, Jawa Tengah menyerbu Aceh Tamiang dan Kota Langsa. Mereka adalah para pekerja pemasangan instalasi jaringan pipa gas rumah tangga yang didatangkan  PT Adhi Karya.

Dari 293 pekerja itu, sebanyak 125 orang pekerja asal Brebes, Jawa Tengah  bekerja di Aceh Tamiang dan 168 orang lainnya akan bekerja Kota Langsa.

PT Adhi Karya, merupakan pihak rekanan proyek pemasangan instalasi jaringan pipa gas rumah tangga dari Pemerintah Pusat.

Informasi yang diterima awak media, para pekerja ini tiba di Kabupaten Aceh Tamiang sekitar pukul 03.00 WIB dengan menggunakan sejumlah unit angkutan umum jenis bus melalui jalan darat dari Sumatera Utara.

Para pekerja asal Brebes itu langsung menuju lokasi penginapan sementara mereka, di rumah toko (ruko) yang berada di Jalan Ir H Djuanda, Desa Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru Aceh Tamiang.

Menurut keterangan pimpinan Adhi Karya Iqbal  perusahaan terkait yang membawa mereka ini sudah melapor ke Tim Gugus Tugas Kabupaten Aceh Tamiang  dan rencana akan menjalani pemeriksaan pada Senin 15 Juni 2020.

Hal senada juga disampaikan Datok Penghulu Desa Tanah Terban  Abdulsalam, 125 orang pekerja dari Brebes tersebut telah mengantongi surat keterangan bebas covid-19 dari daerah asalnya masing-masing.

Langsa

Sementara di Kota Langsa, sebanyak 168 orang pekerja pemasangan sambungan rumah pipa jaringan gas di Kota Langsa asal Brebes, Jawa Tengah juga akan menjalani pemeriksaan Covid-19.

Mereka juga akan di Rapid Test, Senin 15 Juni 2020 ini.  Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa, Yanis Prianto semua sarana terkait Rapid Tes menjadi tanggung jawab perusahaan yang memakai jasa 168 pekerja asal Jateng itu.

“Gugus tugas, Dinas Kesehatan dan Puskesmas hanya memfasilitasi dan menyediakan petugas medis,” tambahnya.

Hingga kini kesemua pekerja sementara ditempatkan pada salah satu bangunan berlantai dua di Jalan Syiah Kuala, Gampong Daulat Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa.

Sementara Humas PT Adhi Karya, Surya kepada wartawan membenarkan pihaknya akan melakukan Rapid Test kembali terhadap kesemua pekerja yang berjumlah 168 orang asal Brebes.

“Kita (PT Adhi Karya-red) sediakan alatnya, sedangkan menyangkut tenaga medis, melalui Puskesmas. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Langsa,” terangnya.

Surya mengatakan, semua pekerja yang didatangkan PT Adhi Karya sebelumnya telah sempat menjalani Rapid Test saat di Brebes. Pihaknya juga sudah menyerahkan data hasil tes ke Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Langsa.

Jikapun nanti hasil dari Rapid 5est ditemukan ada yang reaktif maka pihaknya akan melakukan isolasi ke tempat yang telah disiapkan. Sebaliknya jikalau hasilnya negatif, mereka langsung bekerja.[Antoedy]

Satu tanggapan untuk “293 Pekerja Luar Aceh Serbu Aceh Tamiang dan Langsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *