Jika Beri Data Salah, Maka Jadi Tanggungjawab Pemberi Data

halaman7.com – Aceh Tamiang: Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin membuka Sosialisasi Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan Kepatuhan Pemberi Kerja/Badan Usaha dalam Undang-undang Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan di Aula Bupati Aceh Tamiang, Rabu 9 September 2020.

Sekda Basyararuddin menyambut baik program BSU ini untuk mengimplementasikan program pemulihan ekonomi nasional. Ini dalam rangka mendukung Kebijakan Keuangan Negara serta penanganan bagi para pekerja/buruh yang terkena dampak Pandemi Covid-19.

Suharno Abidin selaku Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Langsa menyampaikan Presiden Joko Widodo pada 27 Agustus 2020 yang lalu, telah meluncurkan secara resmi bantuan subsidi upah kepada para pekerja/buruh.

Ketentuannya, upah di bawah Rp5.000.000 diberikan subsidi sebesar Rp600.000 selama empat bulan. Dengan ketentuan pekerja/buruh terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan terhitung sampai 30 Juni 2020.

Maka dari itu, jika memberikan data yang salah. Maka akan menjadi tanggung jawab pemberi data. Namun demikian, sangat disayangkan jika masih ada perusahaan yang tidak ikut mendaftarkan karyawannya.

“Jadi saya ingin mengajak mari segera mendaftarkan karyawannya bagi yang belum terdaftar. Karena ini merupakan momentum yang baik. Perlu diingat regulasi adanya di pemerintah dan kami hanya sebagai koordinator,” terangnya.

Kepedulian

Dikatakan BSU ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap para pekerja/buruh yang terkena dampak Covid-19. Dalam meningkatakan daya beli para pekerja/buruh. Juga sebagai bentuk reward bagi para pekerja dan pengusaha yang patuh membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Abidin berharap agar pihak perusahaan yang berada dalam Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang untuk berperan aktif. Sesegera mungkin mendaftarkan para pekerja/buruh ke dalam BPJS Ketenagakerjaan.

“Karena hal ini telah diatur dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,” pungkasnya.

Sosialisasi tersebut dihadiri beberapa instansi terkait yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transimgrasi Ir Muhammad Zein. Kepala BKPSDM Dra Fauziati. Kepala RSUD Aceh Tamiang dr Tengku Dedy Syah.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *