Tahukah Anda, Ternyata Google Lahir Hari ini, 27 Septetember

Catatan: Iranda Novandi

SAAT anda membuka google.com hari ini, pasti rasakan hal yang berbeda. Biasanya laman pencarian itu menampilkan berbagai desain. Namun tak lepas dari kombinaasi hurup G O O G L E.

Tapi hari ini tampilannya berbeda. Doodle menampilan hurup G yang memakai topi ulang tahun. Hurup G yang menyerupai wajah orang itu sedang memainkan laptop. Lalu dikeliling kodo dan sepotong kue ulang tahun. Di depan hurup G, terdapat layar monitor.

Lalu apa artinya? Ternyata Google.com berulang tahun hari ini. Tepat pada 27 September 2020 ini, google genap berusia 22 tahun.

Google lahir dari kolaborasi antara pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin berawal dari kampus Universitas Stanford yang cerah.

Sebagai mahasiswa pascasarjana, pasangan ini berupaya meningkatkan cara orang berinteraksi dengan kekayaan informasi di World Wide Web. Maka, pada 1998, Google lahir.

Sejarah Google dimulai dari proyek yang dikerjakan Larry Page dan Sergey Brin pada 1996. Saat itu, kedua mahasiswa pascasarjana di Stanford University itu berkolaborasi. Mengembangkan mesin pencari bernama BackRub, yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Co-Founder Google Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 2008. FOTO h7 – Getty Images –

Googol

Pada 1997, Larry dan Sergey mengganti nama BackRub menjadi Googol. “Googol” merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek. Hal itu membuat Brin dan Page akhirnya “mentok” menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka.

Meskipun sudah tumbuh dan berkembang pesat. Halaman muka Google tampil bersih sejak kali pertama beroperasi. Karena dulu kedua pendirinya tidak menguasai HTML. Page dan Brin juga menginginkan mesin pencari dengan antarmuka yang ringkas.

Karena itu, pencarian melalui Google dibuat sederhana. Pengguna cukup menekan tombol Enter setelah memasukkan kata kunci pencariannya. Hingga kini, tampilan homepage Google yang bersih. Hanya menampilkan logo dan kotak pencarian, tetap dipertahankan.

Tampil dengan kesederhanaan, namun menbuat jutaan orang di dunia ini memiliki ketergantungan yang sangat tinggi. Bahkan, nyaris tidak ada orang di muka bumi ini, yang memakai smartphone saat ini semua memanfaatkan fasilitas yang disediakan google.

Tak percaya? Kalau anda tak percaya hari ini memakai aplikasi yang disediakan google. Bagaimana ketika anda membaca tulisan ini. Apakah aplikasi yang anda gunakan?

Perlu di ingat. Google merupakan salah satu perusahaan digital yang gencar mengakuisisi startup yang berpotensi. Di antaranya, YouTube, Android, Motorola Mobility, Pyra Labs yang mengembangkan Blogger. Serta Keyhole Inc yang melahirkan layanan Google Maps dan Google Earth.

Bagaimana? Bagaimanapun, diakui atau tidak. Kita adalah salah satu pengguna aplikasi google di muka bumi ini.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *