Pelamar PNS ‘Serbu’ Mapolresta Banda Aceh

halaman7.com Banda Aceh: Tingginya minat warga yang ingin menjadi PNS, membuat para calon pelamar tersebut ‘menyerbu’ Mapolresta Banda Aceh untuk mengurus pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Hal ini membuat pihak Pelayanan SKCK Polresta Banda Aceh harus menambah jam kerjanya sampai malam hari.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kasat Intelkam Kompol Hyrowo, mengatakan, dalam mengurus SKCK, sekarang lebih fleksibel sampai selesai semua. Apabila pas siang pemohon ada keperluan, bisa pergi dulu nanti atau dapat diambil besok.

“Terkadang ya sampai larut malam untuk menyelesaikan berkas-berkasnya,” kata Kompol Hyrowo, yang  didampingi Kaur Mintu Ipda Finda Apriana.

Pembuatan SKCK itu merupakan salah satu syarat untuk melengkapi administrasi kelulusan CPNS yang baru saja diumumkan Pemerintah. Hingga hari ini ratusan masyarakat sejak pagi datang untuk mengurus pembuatan SKCK.

Mereka memenuhi ruangan pembuatan SKCK yang berada di lantai dasar Polresta Banda Aceh. Mereka yang datang kebanyakan membuat SKCK untuk keperluan Pemberkasan CPNS, usul pengangkatan CPNS, pengusulan NIP CPNS. Ada juga untuk melamar Pekerjaan dan mendaftar sebagai driver transfortasi online.

Meningkat Pesat

“Peningkatan sudah terlihat beberapa hari lalu. Biasanya 200 pendaftar, namun sejak kemarin itu memang meningkat pesat jadi 300 orang,” kata Hyrowo.

Lanjut Hyrowo, dalam sehari biasanya pemohon SKCK mencapai rata-rata 100 hingga 150 pemohon. Namun sejak dua hari belakang naik signifikan hingga 250 sampai 300 pemohon. Naiknya jumlah pemohon SKCK, memaksa Baur SKCK Bripka Naslijar dan petugas lainnya yang bekerja lebih lama.

Pada hari biasa, pembuatan SKCK hanya beroperasi hingga pukul 15.00 WIB. Namun, untuk saat ini pihaknya memastikan akan tetap melayani sampai seluruh SKCK yang diurus hari itu selesai dikeluarkan. Nantinya dapat diambil esok harinya.

Selain di Polresta Banda Aceh, Sat Intelkam Polresta Banda Aceh juga membuka loket perpanjangan SKCK di Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Banda Aceh. Mulai dari jam 08.00 WIB hingga jam 15.30 WIB.

Sat Intelkam Polresta Banda Aceh juga menerima pemohon dengan cara mendaftar secara offline atau langsung ke loket pendaftaran. Kemudian mendaftar secara online dengan membuka website https://skck.polri.go.id.

“Serta mendaftar dengan cara mengirimkan bukti atau berkas pendaftaran melalui email skckpolresta@yahoo.com dengan biaya PNBP sebesar Rp30 ribu pada saat pengambilan SKCK,” pungkas Kasat Intelkam Kompol Hyrowo.[ril | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *