Briptu Rafi Ardifat Guru Ngaji yang Mahir Tajwid dan Kitab Tassawuf

halaman7.com – Sabang: Brigadir Satu (Briptu) Briptu Rafi Ardifat. Itulah nama Bhabinkamtibmas Polres Sabang. Ia dikenal mahir ilmu agama diantaranya menguasai ilmu baca Al-qur’an dan termasuk beberapa kitab.

“Briptu Rafi Ardifat, bertugas di Gampong Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Sabang,” jelas Dir Binmas Polda Aceh Kombes Pol Mohammad Muslim Siregar, melalui Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy, Senin 21 Juni 2021.

Kesehariannya sosok abdi negara ini. Selain bertugas sebagai Bhabinkamtibmas juga aktif mengajar ilmu agama kepada masyarakat dan anak-anak di Balai Pengajian Darul Maghfirah, Gampong Jaboi, Kecamatan Sukakarya.

Bintara kelahiran 1996 ini setelah menamatkan MAN Trienggadeng Pidie Jaya pada 2013. Masuk Polisi dan menjalani pendidikan di SPN Seulawah Polda Aceh hingga tamat pada 2014.

Saat ini Briptu Rafi Ardifat sangat dikenal dikalangan masyarakat di Sabang. Karena, selain sosok Polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas, Ia sangat aktif mengajar mengaji pada anak-anak, pada malam setiap akhir pekan di Balai Pengajian Darul Maghfirah.

Pengajian untuk kalangan pemuda sudah digelutinya sejak 2015. Sedangkan untuk kalangan anak-anak dimulai sejak 2017.

Briptu Rafi Ardifat menguasai ilmu tajwid dan irama dalam bacaan Al-qur’an. Menguasai beberapa kitab diantaranya kitab Tassawuf, Tauhid dan Fiqih.

Dalam pengajiannya, Bhabinkamtibmas ini juga membekali masyarakat dan anak-anak dengan penyampaian tausiyah yang bermanfaat di dunia dan di akhirat kelak.

Pimpinan Harian Balai Pengajian Darul Maghfirah Gampong Jaboi, Tgk Muhammad Ihsan, menyebutkan Briptu Rafi Ardifat merupakan salah seorang guru, yang mengajar di balai pengajian ini yang tanpa pamrih.

Briptu Rafi Ardifat mengajar zikir, tajwid dan juga mengajarkan Al-qur’an kepada anak-anak yang belajar di balai ini yang kurang lebih ada sekitar 60 orang.

Kehadiran Briptu Rafi Ardifat sangat membantu dan sangat memotivasi anak-anak. Sehingga mereka sangat bergairah dalam belajar. Malah anak-anak memanggil beliau dengan sebutan Tgk Pak Polisi.

Semoga bantuan Tgk Pak Polisi dari segi ilmu sangat bermanfaat dan bisa terus berlanjut hingga ke depannya. Karena keadaan ia sangat dengan anak-anak.

“Anak-anak sangat bergairah untuk hadir ke balai pengajian untuk bersama-sama belajar agama,” kata Tgk Muhammad Ihsan.

Keuchik Gampong Jaboi, Rahmad, berterima kasih pada Briptu Rafi Ardifat. Selama ini telah mengajarkan anak-anak di pengajian Al-qur’an dan tajwid, dalail khairat dan zikir.

Dengan kehadiran Tgk Rafi (sapaan Briptu Rafi Ardifat) bersama masyarakat di sini sangat terbantu dalam pengajian dan hal lainnya.

“Kami memohon Tgk Rafi untuk selalu mendukung anak-anak kami demi kemajuan Gampong Jaboi, ” kata Keuchik Jaboi.[ril | red 01]

Facebook Comments
(Visited 45 times, 1 visits today)
154 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *