Air Kelapa Muda Bisa Perlambat Proses Penuaan

AIR kelapa mempunyai segudang manfaat. Yang sering diketahui masyarakat luas adalah kelapa dapat menggantikan cairan tubuh. Karena memiliki kandungan elektrolit dan mineral yang tinggi.

Tak hanya menyegarkan saat dikonsumsi saat cuaca panas. Rupanya air kelapa juga mempunyai manfaat yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh.

Kandungan Nutrisi

Air kelapa memiliki kandungan utama yang tersusun atas elektrolit, mineral, dan vitamin. Selain itu, air kelapa juga mengandung gula alami.

Kandungan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak rupanya juga terdapat dalam air kelapa.

Melansir fakta gizi yang terdapat pada Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram air kelapa memiliki komposisi sebagai berikut:

  • Energi : 17 Kalori
  • Lemak : 0.1 gram
  • Protein : 0.2 gram
  • Karbohidrat : 3.8 gram
  • Fosfor : 8 mg
  • Kalsium : 15 mg
  • Besi : 0.2 mg
  • Natrium : 1 mg
  • Kalium : 149 mg

Dari data tersebut, diperoleh kandungan kalium tertinggi yaitu sebanyak 149 mg. Ini menunjukkan bahwa kandungan kalium pada air kelapa lebih tinggi dibandingkan dengan minuman olahraga yang diformulasi pada umumnya.

Jumlah kalium yang terkandung dalam 100 gr air kelapa setara dengan jumlah kalium yang terkandung dalam pisang sebanyak 4 buah.

Air kelapa juga memiliki nutrisi lain seperti antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Memperlambat penuaan

Tahukah kamu, ternyata air kelapamemiliki manfaat yang dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda loh!

Air kelapa mengandung sitokinin yang memiiki efek anti penuaan, anti karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah).

Kandungan sitokinin terbukti dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi resiko yang berhubungan dengan penyakit penuaan.

  1. Mengatur tekanan darah dan kolesterol

Tak disangka, rupanya air kelapa juga sangat bagus untuk menjaga kesehatanjantung karena dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan hipertensi, dan mengurangi resiko serangan jantung serta stroke.

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yan rendah pada air kelapamampu menurunkan kadar gula darah pada orang yang memiliki tekana daraah tinggi.

  1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Air kelapa diklaim mampu menjadi obat terbaik untuk semua jenis penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Air kelapa biasanya digunakan untuk mengobati diare, konstipasi, cacingan, gangguan ginjal, infeksi kandung kemih, dan gangguan pencernaan.

Saat mengalami diare, mengonsumsi air kelapa dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Kandungan ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan.

  1. Mencegah batu ginjal

Minum air putih yang banyak dapat membantu mendukung fungsi kerja ginjal. Namun ternyata meminum air kelapa memiliki manfaat yang lebih maksimal dari air putih untuk kesehatanginjal.

Dalam sebuah penilitian yang dilakukan pada seekor tikus, air kelapa terbukti bisa mencegah Kristal meempel pada ginjal dan saluran kemih juga mengurangi terbentuknya Kristal pada ginjal.

Hal tersebut karena air kelapa dapat meminimalisir radikal bebas akibat tingginya kadar oksalat dalam urine.

  1. Mendukung fungsi organ tubuh

Ternyata, kandungan gizi dalam air kelapa memiliki manfaat terhadap fungsi kerja organ-organ di dalam tubuh.

Saat berolahraga, tubuh dapat mengalami stress. Meminum air kelapadapat membantru mengatasi stress tubuh karena mengandung asam amino.

Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa juga dapat membantu system pencernaan dan metabolism tubuh.

  1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas biasanya muncul selama proses metabolisme, dan produksi sel ini bisa meningkat saat tubuh sedang stress atau sakit.

Terlalu banyak kandungan radikal bebas mengakibatkan tubuh akan mencapai kondisi tres oksidatif yang membahayakan kerusakan pada sel-sel yang sehat.

Antioksidan yang terkandung pada air kelapa berkhasiat untuk meredakan efek stress oksidatif, sehingga dapat menangkal zat radikal yang berbahaya.

Air kelapa terbukti memiliki manfaat yang jauh lebih baik dibandingkan minuman kemasan yang diformulasikan.[andinova | red 01]

Artikel ini telah dipublis di bekasi.pikiran-rakyat.com, dengan judul: Selain Menyegarkan dan Sebagai Pengganti Cairan Tubuh Ternyata Air Kelapa Bisa Bikin Awet Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *