Lionel Messi Hengkang dari Barcelona

halaman7.com Bercelona: Megabintang Lionel Messi resmi hengkang meninggalkan Barcelona pada Jumat 6 Agustus 2021, waktu Indonesia.

Mengutip dari CNN Indonesia, kejutan besar datang dari bursa transfer pemain musim ini. Kapten timnas Argentina Lionel Messi tidak akan bermain di Barcelona pada musim ini.

Pengumuman Messi tidak lagi berseragam Barcelona diumumkan langsung Barcelona melalui situs resmi pada Jumat 6 Agsutus 2021 dini hari waktu Indonesia.

Messi terakhir kali memperpanjang kontrak dengan Barcelona pada November 2017. Kontrak baru tersebut berakhir pada Juni 2021 lalu.

Sejak kontrak baru itu Messi masih bisa mempersembahkan dua gelar Liga Spanyol, dua trofi Copa del Rey, dan satu trofi Piala Super Spanyol.

Akan tetapi, sebelum musim lalu dimulai, friksi Messi dengan Barcelona tepatnya dengan presiden klub Josep Maria Bartomeu terjadi. La Pulga merasa dibohongi Bartomeu dan akhirnya berselisih.

Sebelum musim 2020/2021 dimulai, Messi membuat publik tercengang dengan mengirimkan surat pengunduran diri.

Messi ingin tinggalkan Barcelona pada awal musim 2020/2021 saat kontraknya tersisa satu musim. Tetapi, klausul yang awalnya menyebutkan Messi bisa pergi dari Barcelona dengan gratis dimentahkan Bartomeu.

Dengan terpaksa Messi bertahan di Barcelona. Messi pun harus menjalani musim lalu dengan sejumlah kontroversi.

Selain berselisih dengan Antoine Griezmann. Messi juga dikabarkan dijauhi para pemain senior Barcelona pada musim lalu.

Permasalahan-permasalahan itu membuat Messi tidak optimal bersama Blaugrana hingga akhirnya gagal mempersembahkan gelar pada musim 2020/2021. Meski demikian Messi masih bisa menorehkan rekor sebagai top skor La Liga dengan 30 gol.

Kabar baik datang pada awal Juli setelah Messi dilaporkan menerima kontrak baru di Barcelona selama 5 tahun. Hanya saja, kontrak baru itu berujung pemotongan gaji Messi sebesar 50 persen.

Setelah kabar baik tersebut Barcelona diterpa isu miring terancam tidak bisa mendaftarkan Messi di La Liga karena hutang dan permasalahan keuangan yang dimiliki klub.

Usai kesepakatan tersebut, penandatanganan kontrak rencananya dilakukan pada awal Agustus. Akan tetapi, setelah tiga pekan menjalani liburan usai juara Copa America 2021 bersama Argentina, rencana peresmian kontrak baru itu meleset.

Messi yang dijadwalkan hadir di kantor Barcelona pada Senin 2 Agsutus 2021 tidak kunjung datang. Sampai akhirnya, Barcelona mengumumkan melepas Messi pada Jumat 6 Agsutus 2021 karena masalah keuangan.

20 Tahun

Lionel Messi akan mengakhiri kariernya selama 20 tahun bersama Barcelona. Setelah megabintang Argentina itu gagal mencapai kesepakatan soal kontrak baru dengan klub raksasa Catalan tersebut, Kamis 5 Agustus 2021.

“Meskipun klub dan pemain mencapai kesepakatan dan niat jelas untuk menandatangani kontrak baru. Masalah ekonomi dan struktural membuatnya tak bisa diformalkan,” demikian pernyataan klub, dikutip dari CNN dan AFP.

“Menghadapi situasi ini, Lionel Messi tidak akan terus dikaitkan dengan Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub pada akhirnya tidak bisa tercapai,” lanjut pernyataan itu.

Messi, yang melakukan debut di Barcelona pada 2004, telah memenangkan 10 gelar La Liga dan empat Liga Champions bersama Blaugrana.

“FC Barcelona dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih kepada pemain atas kontribusinya untuk kemajuan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya,” menurut pernyataan klub.

Pemain 34 tahun itu, tahun lalu, pernah curhat ingin pergi “sepanjang tahun” dan mengklaim bahwa klausul dalam kontraknya mengizinkan dirinya bisa bebas pergi.

Namun, Messi terpaksa tinggal karena Barcelona tidak menyepakatinya dan enggan mengurangi klausul rilis €700 juta (US$897 juta).

Pemain yang bulan lalu memenangkan Copa America pertamanya bersama Argentina itu pun menyatakan tidak berniat menggugat ke pengadilan atas dasar cintanya kepada klub.

Surat kabar Spanyol El Mundo sempat menyebut kontrak Messi, yang berakhir pada Juni, bernilai US$672 juta. Menjadikannya atlet dengan bayaran tertinggi dalam sejarah olahraga.[dbs | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *