Sabang Kembali ke Zona Orange

halaman7.com  Sabang: Kota Sabang yang sempat berada di zona merah atau resiko tinggi penularan Covid-19 pekan lalu, kini kembali ke zona orange atau zona sedang transmisi Covid-19. Hal ini berdasarkan hasil analisa data oleh Satuan Tugas Penangan Covid-19 Aceh.

Pemerintah Kota (Pemko) Sabang melalui Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Sabang, Firdiansyah SKM MKes mengatakan turunnya tingkat zonasi Covid-19 ini tidak mengurangi kewaspadaan Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Sabang.

“Meski tingkat zonasi turun. Tapi kita tidak boleh lengah. Harus selalu menerapkan protokol kesehatan. Kami juga akan terus gencarkan vaksinasi dan sosialisasi akan pentingnya prokes kepada masyarakat untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19,” kata Firdiansyah, Rabu 18 Agustus 2021.

Firdiansyah menjelaskan hingga kini angka kasus Covid-19 per 18 Agustus 2021 secara kumulatif yang terkonfirmasi positif sebanyak total 323 orang. Kasus aktif dalam perawatan/isolasi mandiri sebanyak 58 orang. Sembuh sebanyak 232 orang dan meninggal dunia sebanyak 33 orang.

“Meningkatnya kasus Covid-19 ini karena kurangnya kesadaran kita dalam menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu saya sangat mengimbau masyarakat untuk taat prokes demi kemaslahatan bersama,” imbaunya.

Untuk menekan kasus Covid-19. Dinkes dan KB Kota Sabang hingga saat kini sudah rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Baik melalui mobil keliling maupun pertemuan ke kampung-kampung.Terus melaksanakan vaksinasi massal bekerjasama dengan TNI-Polri dan pihak-pihak terkait.

Sementara untuk jumlah dosis vaksin yang sudah disalurkan hingga per 16 Agustus 2021 sebanyak 12.860 ribu dosis vaksin. Meliputi 7.551 untuk dosis pertama dan sebanyak 5.309 vaksin untuk dosis kedua.

Firdiansyah turut meminta masyarakat untuk ikut melawan Covid-19 bersama Pemerintah, salah satu caranya adalah membentengi diri dengan vaksinasi.[M Munthe]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *