12 Kabupaten/Kota Loloskan Atlet Catur ke PORA

halaman7.com – Banda Aceh: Dua Belas kabupaten/kota di Aceh dipastikan lolos ke Pekan Olahraga Aceh (PORA) 2022 di Kabupaten Pidie.

Ke 12 kabupaten/kota tersebut, dipastikan lolos setelah masing-masing atlet bertarung dalam Pra Pora III di Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) pada 15-20 Oktober 2021.

Tiga daerah, Aceh Tengah, Sabang, dan Aceh Tamiang berbagi medali emas Pra Pekan Olahraga Rakyat Aceh (PORA) III yang berlangsung di Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, 15-20 Oktober 2021.

Ketua Panitia Kejuaraan Catur Pra PORA III Qamaruzzaman Hagny di Banda Aceh, Kamis 21 Oktober 2022, mengatakan kabupaten/kota yang lolos yakni, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Kota Sabang, Banda Aceh, Simeulue.

Lalu Aceh Selatan, Aceh Besar, Aceh Tenggara, Bireuen, Aceh Timur, Aceh Jaya, Bener Meriah, Langsa serta Pidie yang lolos otomatis sebagai tuan rumah.

Qamaruzzaman Hagny mengatakan, pada Pra Pora di Abdya Aceh Tengah meraih medali emas beregu putra, sedangkan Sabang dan Aceh Tamiang meraih medali emas perorangan putra dan putri. Medali perak diraih tim Banda Aceh dan Aceh Selatan meraih medali perunggu.

“Para juara atau peraih medali dan peringkat empat hingga tujuh dinyatakan lolos PORA 2022 di Kabupaten Pidie,” kata Qamaruzzaman yang juga Ketua Harian Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Aceh.

Mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Banda Aceh itu menyebutkan, untuk perorangan putra, medali emas diraih Chairil Nardi dari Kota Sabang, medali perak diraih Hunter Chalid dari Kota Banda Aceh dan Hendriko Aditama dari Kabupaten Simeulue meraih medali perunggu.

Sedangkan peringkat empat hingga tujuh dinyatakan lolos ke PORA yakni Muliadi dari Kabupaten Aceh Tenggara, AH Satria Ediansyah (Aceh Jaya), Maulana Sembiring (Bener Meriah), serta Sofyan Nurdin (Aceh Tengah).

Untuk perorangan putri, medali emas diraih Intan Nurhidayah dari Kabupaten Aceh Tamiang, medali perak diraih Klarisa Sabila (Banda Aceh), dan medali perunggu diraih Wita Rahayu (Aceh Besar).

Sedang peringkat empat hingga tujuh yang dinyatakan lolos PORA 2022, yakni Agus Winarsih (Langsa), Afifah Risna Fitri (Aceh Tengah), Lulu Hapsari (Sabang), dan Ghina Fildzah (Banda Aceh).

Ketua Umum Pengurus Provinsi Percasi Aceh H Ihsanuddin mengatakan Pra PORA III catur diikuti atlet dari 21 kabupaten/kota di Aceh untuk perorangan dan 20 kabupaten/kota untuk beregu. Nomor yang dipertandingkan hanya catur standar untuk kategori beregu putra serta perorangan putra dan putri

“Peringkat tujuh besar, baik beregu maupun perorangan putra putri dinyatakan lolos ke PORA 2022 di Kabupaten Pidie. Atlet tuan rumah otomatis lolos ke multievent olahraga empat tahunan tersebut,” kata Ihsanuddin.

Anggota DPR Aceh itu menyebutkan cabang olahraga catur PORA 2022 memperebutkan 21 medali emas. Terdiri 15 medali emas beregu putra, tiga perorangan putra, tiga perorangan putri.

“Semua atlet yang mengikuti Pra PORA di Kabupaten Aceh Barat Daya merupakan warga Aceh karena syarat pendaftaran wajib memiliki KTP Aceh,” kata Ihsanuddin.[ril | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *