ASN Bakal Pensiun Dibekali Wirausaha Pintar

halaman7.com – Aceh Tamiang: Bisa mengelola keuangan dengan baik adalah salah satu bekal yang harus dimiliki Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan menghadapi masa pensiun.

Demikian penegasan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Tamiang, Drs Asra saat membuka Sosialisasi Hak dan Kewajiban serta Wirausaha Pintar Bagi ASN memasuki Batas Usia Pensiun di Wilayah Kerja Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa 29 Oktober 2021 di aula Bank Aceh Syariah Cabang Kualasimpang.

Selain bisa mengelola keuangan dengan bijak, Sekda Asra memberikan pencerahan agar para peserta mampu mengimbanginya dengan bimbingan spiritual dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT agar hidup menjadi lebih tenang dan diberkahi Allah.

Dicontohkannya, kebanyakan dari PNS ketika memasuki masa pensiun penghasilan akan berkurang, sehingga dianjurkan untuk tidak salah mengatur kebutuhan keuangan rumah tangga.

“Uang Taspen yang didapat harus dipergunakan sebaik mungkin dan kegunaannya  tepat sasaran. Dengan adanya rencana-rencana yang akan direalisasikan, uang Taspen akan menjadi pengaman kita. Karena lazimnya di masa pensiun kita sudah tenang dan tidak banyak permasalahan yang dihadapi, berbeda dengan ketika kita masih aktif,” ungkap Asra.

Pimpinan Bank Aceh Cabang Kualasimpang Muhammad Syah mengatakan, selama ini para peserta belum pernah bertatap muka dan berkomunikasi secara langsung kepada pihaknya.

“Maka melalui kegiatan ini kita dapat bertatap dan berkomunikasi secara langsung. Saya berharap silaturrahmi yang telah terbangun tidak terputus ketika memasuki masa pensiun,” ujarnya.

Kolaborasi

Sementara Branch Manager PT Taspen Cabang Lhokseumawe Azhar mengatakan, pihaknya telah berkolaborasi dengan Pemkab dan Bank Aceh membuat suatu terobosan yang salah satunya kegiatan yang kita selenggarakan pada hari ini.

Dijelaskan, kegiatan bertujuan agar para ASN yang akan memasuki masa pensiun dapat mengelola keuangannya  dengan baik dan benar

Peserta pada kegiatan ini terdiri dari para ASN yang akan memasuki batas usia pensiun per 1 Desember 2022 atau setahun ke depan dengan jumlah peserta sebanyak 68 orang.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Sayed Zainal Abidin, Pimpinan LPPBA (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Bank Aceh) Pusat, Dr Dedi Novendi, MAg dari LPPBA Pusat, dan para ASN yang berasal dari masing-masing SKPK dalam Kabupaten Aceh Tamiang.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *