Ini Strategi Pencegahan Narkoba di Aceh Tamiang

halaman7.com – Aceh Tamiang: Bupati Aceh Tamiang, Mursil menyebutkan sejumlah strategi pencegahan yang diupayakan Pemkab Aceh Tamiang dalam memberantas dan mencegah peredaran narkoba di wilayahnya.

Sebagai langkah awal pencegahan, jelas Bupati, Pemkab Aceh Tamiang telah menggalakkan Program Maghrib Mengaji. Hal ini dilakukan untuk membentuk lingkungan yang baik bagi generasi penerus bangsa.

“Maghrib Mengaji ini khusus diarahkan bagi anak usia SMP dan SMA sederajat. Ini kita gerakkan selain mengembalikan budaya kita yang selalu mengaji sehabis maghrib. Juga untuk mengurangi serta mencegah anak-anak kita terpapar dari pengaruh negatif medsos, game online dan narkoba,” jelasnya pada pengukuhan Desa Bersinar, Senin, 18 Oktober 2021 yang dihadiri langsung Kepala BNN Aceh, Brigjen Pol Heru Pranoto.

Langkah pencegahan selanjutnya, Bupati Mursil memerintahkan kepada seluruh Datok Penghulu dan aparatur kampung bersinergi dengan pemangku kepentingan dan masyarakat setempat.

Karena yang paling terdekat dengan masyarakat adalah mereka (datok). Untuk itu, Datok berperan dalam mengawasi masyarakat dan waspada terhadap pengaruh dari peredaran narkoba di daerah masing-masing.

Menyangkut penambahan dua kampung menjadi Desa Bersinar. Mursil yakin, secara bertahap seluruh kampung di Aceh Tamiang akan berstatus Desa Bersinar.

Program Desa Bersinar dilaksanakan berdasarkan Inpres Nomor 6/2018. Tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Aturan ini kemudian diperbaharui dengan diterbitkannya Inpres Nomor 2/2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024.

Hal ini diperkuat dengan Instruksi Gubernur Aceh Nomor 4/2021 tentang Upaya Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika serta Pembentukan Desa Bersinar di Aceh.

Sebelumnya Badan Narkotika Nasional (BNN) telah menetapkan empat kampung sebagai Desa Bersinar. Kali ini Aceh Tamiang mendapat penambahan jumlah kampung dengan status yang sama. Kedua kampung tersebut yakni Kampung Dalam dan Kampung Bundar, Kecamatan Karang Baru.

Dengan pengukuhan ini, tercatat sudah 6 kampung sudah berstatus Desa Bersinar di Aceh Tamiang.

Pada 2019, tiga kampung di Aceh Tamiang dikukuhkan sebagai Desa Bersinar. Ketiganya yakni, Kampung Tanjung Neraca, Manyak Payed. Perdamaian, Kota Kualasimpang dan Muka Sei Kuruk, Seruway.

Pada 2020 ditambah satu kampung lagi, Kampung Landuh, Rantau.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *