50 Pelaku Usaha Ikut Bimtek Pemasyarakatan Inkubasi UMKM

Pelatihan inkubasiUMKM di Langsa.[FOTO: h7 - ist]

halaman7.com – Langsa: Anggota Komisi VI DPR RI, Muslim membuka secara resmi Bimbingan Teknik (Bimtek) terhadap 50 pelaku usaha Pemasyarakatan Inkubasi bagi UMKM, di aulasalah satu hotel, Rabu 7 September 2022 secara virtual zoom meeting.

Bimtek ini juga menggandeng Deputi Bidang Kewirausahaan Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi Dan Inkubasi Usaha.

Muslim menjelaskan tercatat sektor UMKM mampu berkontribusi sebanyak 61 persen  terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional. Menyerap tenaga kerja 97 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.

“Di saat masa Covid-19 sektor UMKM adalah sektor yang paling tangguh dan kokoh dalam menompang perekonomian. Namun kondisi pelaku UMKM di Indonesia masih mengalami berbagai masalah kompleks yang harus segera kita selesaikan,” ujarnya.

Adapun beberapa masalah UMKM yang krusial mulai dari kurangnya modal usaha. Kurangnya pengetahuan pengembangan produk.

Minimnya inovasi sumberdaya manusia yang masih harus ditingkatkan serta kurang paham terkait perkembangan teknologi informasi dan inkubasi usaha.

“Kami tentunya terus mendorong pemerintah agar terus memberi perhatian yang serius terhadap sektor UMKM. Hal tersebut sudah terjawab, salah satunya dari permasalahan modal.

Pemerintah berkomitmmen untuk meningkatkan porsi Kredit UMKM minimal sebesar 24 persen pada 2024. Dimana saat ini porsi kredit tersebut hanya berada pada kisaran 18 persen saja.[Antoedy]

Facebook Comments Box
Baca Juga  PWI Mitra Pemerintah Tapi Harus Tetap Kritis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.