Cabai Dongkrak Vitalitas Pria Dewasa?

ilustrasi

SEBAGIAN besar warga Indonesia, pada umumnya menyukai makanan pedas. Sumber makanan pedas tersebut, salah satunya cabai. Sadar atau tidak sadar, ternyata cabai meningkatkan gairah pria untuk menaikan libido.

Lalu, benarkah hal itu? halaman7.com mencoba merengkum dari berbagai sumber, berikut.

Libido adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan dorongan seksual seseorang. Setiap orang memiliki tingkat libido yang berbeda-beda, namun ada beberapa kondisi yang dapat membuat libido menjadi berkurang.

Beberapa hal ini di antaranya stres, menopause, kelelahan, serta penyakit tertentu, seperti depresi, kelainan hormon, disfungsi ereksi, diabetes, dan gangguan tiroid.

Untuk membantu mengatasi turunnya libido karena stres atau kelelahan, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memperbanyak konsumsi makanan peningkat libido. Yakni salah satunya, makanan pedas yang berasal dari cabai.

Dikutip dari grid.id, cabai dapat meningkatkan vitalitas pria berkat kandungan capsaicin di dalamnya. Capcaisin sendiri merupakan antioksidan yang dapat menghambat penyumbatan pembuluh darah dengan melebarkan pembuluh darah.

Meski demikian, para ahli mengatakan bahwa untuk mendapatkan manfaat ini, pria harus mengonsumsinya secara rutin.

Hanya saja, meski salah satu manfaat cabai untuk mengatasi disfungsi ereksi. Namun, apakah manfaat ini diakui oleh medis?

Dilansir dari klikdokter.com, menyebutkan, disfungsi ereksi alias impotensi adalah terganggunya kemampuan pria untuk memulai atau mempertahankan ereksi. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa memengaruhi keharmonisan rumah tangga, bahkan menyebabkan depresi pada pria.

Disfungsi ereksi itu sendiri disebabkan oleh dua hal, yaitu faktor fisik dan psikis. Pada faktor fisik, biasanya hal ini disebabkan karena pria sudah memasuki lansia, memiliki penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, diabetesobesitas, dan sebagainya.

Baca Juga  Axelsen vs Ginting The Real Final Indonesia Open

Sedangkan untuk faktor psikis, disfungsi ereksi bisa terjadi karena penderita terlalu stres sehingga darah tidak bisa mengalir dengan optimal ke penis. Namun, tak perlu khawatir berlebihan. Sebagian besar kasus disfungsi ereksi dapat disembuhkan. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan mengonsumsi cabai.

Faktanya, cabai mengandung capsaicin yang bersifat panas dan dapat meningkatkan dan mengoptimalkan fungsi pembuluh darah di tubuh, termasuk pada penis.

Senada dengan itu, dr Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan, cabai mungkin punya efek dalam mengatasi disfungsi ereksi lantaran memiliki kandungan piperin.

“Berdasarkan berbagai studi awal, kandungan piperin dalam cabai dan lada disinyalir dapat berfungsi sebagai afrodisiak. Itu membuatnya berpotensi merelaksasi pembuluh darah, sehingga jantung dapat lebih mudah memompa darah ke berbagai organ termasuk penis,” ujar dr Astrid.

Selain itu, makan cabai juga diduga dapat meningkatkan produksi hormon testosteron sehingga turut meningkatkan libido pada pria. Hal ini sangat baik untuk menunjang ereksi penis.

Kandungan capsaicin dalam cabai juga dianggap bisa meningkatkan pelepasan endorfin. Hal ini akan meningkatkan hasrat untuk berhubungan seks.

Terlepas dari segala kemungkinan tersebut, sebenarnya manfaat cabai untuk atasi disfungsi ereksi masih perlu diuji lebih lanjut. Artinya, hasil dari penelitian yang ada saat ini masih belum dapat dijadikan acuan. Butuh penelitian lanjutan untuk memastikannya.

Disisi lain, mengutip dari alodokter.com, dimana, makanan pedas, seperti cabai, kaya akan capsaicin. Zat ini dapat melepaskan hormon endorfin yang mampu membuat Anda merasakan perasaan bahagia dan terdorong secara seksual.

Bukan hanya itu, cabai juga mengandung antioksidan yang bermanfaat melancarkan aliran darah di organ seksual, serta vitamin C yang dapat mendongkrak produksi sperma pria.

Hanya saja, Anda perlu hati-hati dan membatasi konsumsi cabai. Terlalu banyak mengonsumsi cabai dapat menimbulkan gangguan kesehatan, misalnya diare.[dbs |andinova]

Baca Juga  Ketua Demokrat Aceh: FPD Harus Fokus perjuangkan Harapan Rakyat

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.