Adhiyaksa Peduli Stunting Kajati Aceh Berakhir

Adhyaksa Peduli Stunting berakhir di Langsa.[FOTO: h7 - dok kejari]

halaman7.com – Langsa: Kejaksaan Negeri (Kejari) Langsa menutup rangkaian program kegiatan “Adhiyaksa Peduli Stunting Kajati Aceh” yang telah berlangsung selama 6 bulan dalam memperingati Hari Bhakti Adhiyaksa ke 64 2024 di Kota Langsa, Kamis 11 Juli 2024.

Kajati Aceh, Drs Joko Purwanto SH yang diwakili dr Iziddin Fadhil MKM AIFO-K CRP menutup rangkaian kegiatan Adhiyaksa Peduli Stunting Kajati Aceh yang telah terlaksana selama 6 bulan di Kota Langsa ini.

Aktif sebagai praktisi kesehatan, Iziddin memaparkan, Kejaksaan bersama jajarannya adalah salah satu instansi yang punya komitmen dan peduli terhadap masalah kesehatan, khusus dengan kasus stunting.

Sejak 2022 telah dilaksanakan program Adhiyaksa Peduli Stunting hingga kini, 2024 jalan semester ke 2.Progres yang posistif ini dilaksanakan secara konfrehensip sesuai Juknis dan Peraturan Presiden No 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Dikatakan, tidak hanya pemberian gizi namun ada juga program kegiatan lain yang mendukung secara tidak langsung dan benilai positif terhadap keberlangsungan kesehatan dalam masyarakat. Contohnya penanganan kepada ibu hamil semenjak hari pertama kehidupan dalam kandungan hingga anaknya lahir sampai berusia 2 tahun.

Pj Walikota Langsa, Syaridin SPd MPd menyampaikan, rasa bahagia dan bangga. Kegiatan Adhyaksa Peduli Stunting ini adalah salah satu langkah nyata dalam upaya kita untuk mengatasi permasalahan stunting di Kota Langsa .

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif dari Kejaksaan Tinggi Aceh bersama Kejaksaan Negeri Langsa yang telah menggagas kegiatan ini, serta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraannya,” kata Syaridin.

Begitu pula dengan Pemerintah Kota Langsa, dalam hal ini berbagai program juga telah telah dilaksanakan dan berkomitmen untuk mendukung penuh segala upaya yang dilakukan dalam rangka penanggulangan stunting.

Baca Juga  VIDEO Prosesi Pemakaman H Harun Keuchik Leumiek

Sementara, Kajari Langsa Efrianto atas nama Kajati Aceh menyampaikan terima kasih kepada Pj Walikota Langsa, camat, dan Kepala Puskesmas serta dokter, bidan juga seluruh petugas tenaga kesehatan dan Pengurus IAD Kota Langsa, yang sudah terlibat dalam Program Adhyaksa Peduli Stunting Aceh 2024.

“Program Penanganan Stunting ini adalah salah satu program strategis nasional dengan diterbitkanya PP 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting,” ucapnya.

Bulan ini adalah bulan ke-6 Program Adhyaksa Peduli Stunting. Selama 6 bulan sejak Januari sampai dengan Juni 2024, sebanyak 25 Anak dan 20 ibu hamil, di daerah Langsa telah mendapatkan paket Intervensi gizi spesifik dalam rangka penanganan Stunting.

Dari rangkaian kegiatan kolaborasi berbagai pihak, dapat dikatakan program ini berdampak positif. Sejak 2022 dan 2023 Program Adhyaksa Peduli Stunting telah dilaksanakan di 6 kabupaten/kota. Yaitu di Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Besar dan Kota Banda Aceh serta diseluruh wilayah Aceh yang dilaksanakan Kejaksaan Negeri.

“Laporan yang kami terima, kegiatan ini berdampak positif, dimana hampir seluruh anak sasaran program mengalami kenaikan berat badan rata-rata 3 sampai dengan 7% dari berat badan awal,” ujar Kejari.[ril | Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *