Euro 2024: Belanda vs Rumania, Timnas Pusat Menatap Asa Perempat Final

halaman7.com – Banda Aceh: Dua lagi laga terakhir yang akan dimainkan dalam babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024. Salah satunya, laga antara Belanda vs Rumania pada Selasa, 2 Juli 2024, pukul 23.00 Wib dan ditutup laga pamungkas antara Turki vs Austria pada Rabu, 3 Juli 2024, pukul 02.00 Wib.

Salah satu laga yang banyak ditunggu penggemar bola tanah air di Indonesia yakni lagi Belanda vs Rumania di Allianz Arena (Munich Football Arena). Akhir-akhir ini, Belanda menjadi perhatian serius para penggemar kulit bundar di tanah air.

Pasalnya, Timnas Indonesia, saat ini banyak diperkuat para pemain naturalisasi keturuan Indonesia-Belanda. Seperti Tom Haye, Calvin Verdonk dan yang lainnya.

Sampai-sampai, tim Belanda dijuluki funs Indonesia, sebagai ‘Timnas Pusat’. Menghadapi Rumania di babak 16 besar Euro 2024 ini, tentu bagi Belanda, seakan sudah menatap asa babak perempat final.

Sejauh ini, dalam lima laga pertemuan terakhir antara Belanda vs Rumania, Belanda membukukan kemengan 4-1. Meskipun, laga antar kedua tim ini dinilai sudah cukup lama, namun setidaknya menjadi modal besar bagi Belanda.

Dalam laga lima pertemuan terakhir, Belanda hanya kalah sekali dari Rumania, pada kualifikasi Euro, 14 Oktober 2007, kala itu Belanda kalah 0-1 atas Rumania. Meskipun kalah di fase kualifikasi, pada saat Euro 2008, 18 Juni 2028, Belanda membalasnya dengan mengalahkan Rumania dengan skor 2-0.

Pertemuan selanjutnya di kualifikasi Piala Dunia. Saat bermain di Rumania, 17 Oktober 2012, Belanda sukses menekuk Rumania dengan skor telak 4-1 dan saat bermain di Belanda, lagi-lagi Belanda menang telak 4-0 atas Rumania pada 27 Maret 2013.

Baca Juga  Cegah Karhutla Jangan Buka Lahan dengan Membakar

Pertemuan terakhir mereka terjadi pada 15 Nopember 2017 dalam laga persahabatan yang dimainkan di Rumania, Belanda kembali menang besar 3-0.

Lalu bagaimana dengan babak 16 besar Euro 2024 ini? Tentu Rumania ingin menghilangkan masa kelam menghadapi Belanda. Apalagi Rumania, lolos ke 16 besar, dengan mengantongi modal sebagai juara grup sedangkan Belanda hanya sebagai peringkat tiga terbaik di grup D.

Dalam fase penyisihan grup, Rumania terbilang cukup baik. Rumania mampu mengalahkan Ukraina 3-0 lewat gol-gol Nicolae Stanciu, Razvan Marin, dan Denis Dragus. Meski dalam laga kedua Rumania kalah 0-2 dari Belgia.

Di pertandingan penentu, Rumania mampu menahan imbang 1-1 Slovakia. Satu gol Rumania dalam laga terakhir itu dicetak Marin dari titik penalti.

Belanda sendiri difase grup tidak bermain begiu bagus, setelah menang 2-1 atas Polandia lewat gol-gol Cody Gakpo dan Wout Weghorst. Belanda lalu bermain seri 0-0 dengan Prancis, dan terakhir kalah 2-3 dari Austria.

Melihat produktivitas di fase grup, Rumania mampu menciptkan 3 gol dan kebobolan 3 gol juga. Sedangkan, Belanda lebih produktif dengan menciptakan 4 gol dan kemasukan 4 gol juga.

Lalu siapakah yang lebih unggul di babak 16 besar ini? Juru taktik Rumania, Edward Iordanescu dan juru taktik Belanda, Ronald Koeman tentu akan meracik pemain dengan target lolos ke perempat final. Adu taktik antara Iordanescu dan Koeman, menjadi penentunya.

Meskipun secara statistik Belanda lebih diunggulkan. Di prediksi, malam ini Belanda bisa unggul tipil 2-1 atas Rumania. Reijnders dan Depay bisa saja menjadi pencetak gol Belanda sedangkan Rumania, malam ini milik Hagi yang berpeluang ciptakan gol.

Perkiraan susuan pemain;

Rumania (4-3-3): Nita; Mogos, Dragusin, Burca, Ratiu; R. Marin, S. Marin, Stanciu; Hagi, Dragus, Coman.

Baca Juga  Besok, Cawapres Muhaimin Kampanye di Aceh

Pelatih: Edward Iordanescu.

Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake; Reijnders, Schouten; Frimpong, Simons, Gakpo; Depay.

Pelatih: Ronald Koeman.[andinova | red 01]

Facebook Comments Box

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *