Gairah TMMD-107 di Tengah Kepungan Bencana Nasional

Catatan : Eddyanto SST

PRESIDEN Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menetapkan pandemi virus corona jenis baru, Covid-19 sebagai bencana nasional.

Eddyanto
Eddyanto

Status ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) bernomor 12/2020 yang diterbitkan Senin 13 April 2020.

Keppres itu menyatakan bencana non alam penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional.

Sementara itu update terkait korban Covid-19 ini menurut Jurubicara Pemerintah Penanganan Covid 19 Achmad Yurianto, Senin 13 April 2020 kasus Corona di tanah air adalah sebanyak 4.557 orang dinyatakan positif, 399 meninggal dunia dan 380 orang dinyatakan sembuh.

Tak Surutkan Semangat TNI
Meski dalam kepungan bencana nasional yang juga menjadi pandemi global dunia, virus Corona Covid 19 ini tak menyurutkan langkah dan semangat TNI dalam Membangun Negeri lewat Program andalan TNI Angkatan Darat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 107 Reguler 2020 ini.

Sejak dibuka 16 Maret 2020 lalu dan jelang ditutup atau berakhir pada 14 April 2020 ini, TNI terus berkiprah nyata dan tetap bersemangat dalam membangun kegiatan fisik inftrastruktur maupun non fisik bagi masyarakat diberbagai penjuru tanah air di lokasi TMMD ke 107 ini.

Salah satu realitas tergambar dari pengabdian TNI Membangun Negeri ini adalah semangat Komandan Kodim (Dandim) 0104 Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar SSos MTr (Han) dan anggota Satgas TMMD yang berjibaku dalam membangun lima desa di Kecamatan Peudawa Kabupaten Aceh Timur.

Bukan saja sasaran fisik yang dibangun seperti jalan, meunasah, lapangan voli dan takraw, tetapi prajurit kebanggaan TNI Kodim 0104 Aceh Timur ini juga membangun mental spiritual masyarakat dan juga menggelorakan semangat bela negara dan wawasan kebangsaan kepada putra-putri daerah pedalaman Aceh Timur ini.

Baca Juga  Satgas TMMD dan Masyarakat Gampong Paya Dua Bangun Lapangan Voli

Peduli
Dampak dari virus Corona Covid-19 ini cukup luarbiasa, salah satunya dirasakan oleh dunia pendidikan kita tidak terkecuali anak anak di lokasi TMMD ke 107 Kodim 0104 Aceh Timur ini di Kecamatan Peudawa.

Akibat merebaknya virus Corona Covid-19 yang hingga saat ini masih mewabah di tanah air membuat Pemerintah mengambil keputusan untuk memperpanjang masa libur sekolah bagi para pelajar guna menghindari penyebarluasan virus yang berasal dari Kota Wuhan, China tersebut.

Para pelajar siswa-siswi dari jenjang sekolah terendah hingga jenjang tertinggi harus menikmati masa belajar dari rumah untuk mengikuti kebijakan yang dibuat Pemerintah.

Atas keprihatinan tersebut, Satgas TMMD melalui ibu ibu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Dim 0104 membagikan 100 paket alat tulis gratis kepada anak-anak pelajar daerah ini pada Kamis, 9 April 2020.

Ketua Persit Yessi Hasanul Arifin Siregar mengatakan, Persit adalah bagian yang tak terpisahkan dari TNI-AD dan mempunyai tugas untuk senantiasa mendukung suami dalam menjalankan tugasnya sebagai Abdi Negara.

Tugas Persit salah satunya adalah turut mensukseskan kegiatan TMMD yang sedang dilaksanakan oleh Kodim 0104/Atim agar lebih dirasakan manfaatnya oleh warga yang berada disekitar lokasi kegiatan, ujarnya.

Menimbang hingga saat ini masih diterapkannya sistem belajar dari rumah guna pencegahan Virus Corona lebih luas, Persit memutuskan untuk berkontribusi memberikan paket alat tulis kepada anak-anak para pelajar yang tinggal disekitar lokasi sasaran TMMD Reg ke-107 .

Pembagian paket alat tulis ini agar mereka tidak terlena dengan masa libur yang ditetapkan pemerintah dalam rangka mencegah penyebarluasan Covid-19.

Pembagian alat tulis bagi anak-anak dalam rangka TMMD. FOTO h7 - antoedy -
Pembagian alat tulis bagi anak-anak dalam rangka TMMD. FOTO h7 – antoedy –

Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar menambahkan, bantuan alat tulis ini merupakan sarana kontak yang menjadi kegiatan Non Fisik pada TMMD ke-107.

Baca Juga  Zikir dan Doa Awal Langkah TNI Bangun Negeri

“Ini sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa, agar mereka tidak terlena dengan proses belajar dari rumah yang diterapkan pemerintah menyikapi situasi pandemic hingga saat ini,” ujar Dandim.

Masker

Dalam kegiatan TMMD yang dalam kepungan Bencana Nasional Non Alam ini serta Darurat Kesehatan, salah satu aksi yang dilakukan hingga ke pelosok desa oleh Satuan Penugasan TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) adalah membagikan 300 masker kain serta penempelan stiker imbauan di tempat fasilitas umum dan rumah warga di Kecamatan Peudawa Aceh Timur.

Langkah ini sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 yang sedang mewabah di Indonesia, tidak terkecuali di Provinsi Aceh.

Terimakasih TNI
Masyarakat Desa Paya Dua Peudawa Aceh Timur mengucapkan ribuan terimkasih dan apresiasi kepada bapak TNI dan ibu Persit Kodim 0104 yang telah menghadirkan lapangan voli di desa mereka.

Kepala Desa (Keuchik) Paya Dua Ibrahim mengatakan lapangan voli telah selesai dikerjakan, net dan bola voli juga sudah diterima. Setelah ini warga dapat berolah raga dengan memanfaatkan sarana yang sudah dibangun TMMD Kodim 0104/Aceh Timur.

“Terima kasih kepada Bapak Dandim dan Satgas TMMD yang telah membangun lapangan voli di desa kami,” ujar Ibrahim haru dan bangga.***

Penulis adalah Redaktur pada halaman7.com dan Pengurus PWI Kota Langsa

[Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke 107 2020 Kodim 0104 Aceh Timur, Korem 011 Lilawangsa, Kodam Iskandar Muda Aceh]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.