Kaget, Hanya Untuk Beli Sebiji Kelapa Aceh Harus Antri Panjang

halaman7.com – Banten: Untuk kebutuhan memasak lauk buka puasa di hari terakhir, jelang lebaran, saya di minta membeli kelapa oleh Mak Nurmala (Ibu dari seorang teman saya) Musmaini Ulim, salah seorang pedagang beras di Ciakar, lantas saya pun bergegas ke toko jual buah santan itu, saya kaget sampai disana, hanya untuk dapat sebiji kelapa Aceh, harus antri begitu panjang.

Begitulah yang ditulis Tarmizi Age aktivis Pro-Rakyat, asal Aceh, di Tangerang, Banteng, Sabtu 23 Mei 2020, menggambarkan suasana betapa banyaknya peminat untuk membeli kelapa Aceh di sana.

“Kelapa Aceh di jual Rp 6000 bang,” kata Hendra si penjual kelapa kepada saya yang sedang berdiri, ikut rombongan antrian beli kelapa, wah terkejut saya, ternyata toko kelapa yang tidak jauh dari tempat saya, ikut menjual kelapa Aceh,” jelas Tarmizi Age yang akrab disapa Almukarram itu.

Animo warga setempat membeli kelapa yang di datangkan langsung dari sejumlah daerah di Aceh seperti Lhokseumawe, Bireuen dan Pidie ternyata luar biasa. Pembeli harus rela antri di kedai yang dekat dengan Gerai Tasha & Daniel Berkah Jaya milik musafir Aceh, Tarmizi Age itu.

Tarmizi Age

“Tingginya minat orang yang ingin beli sebiji atau dua biji kelapa Aceh, karena siap kukus (purut),” sebut mantan aktivis GAM Denmark.

Terkait adanya jualan kelapa Aceh di Kecamatan Panongan, Tangerang, ini menandakan adanya hubungan bisnis yang kental antara orang Aceh dan orang Sunda, antara Pemerintahan Aceh dan Provinsi Banten, kata Tarmizi Age yang terpaksa hengkang dari Aceh karena gagal dapat pekerjaan di bumi Serambi Mekah.

“Kita berharap hubungan kedua daerah ini, bisa memetik sumber pendapatan daerah, terutama untuk Aceh yang disebut sebagai daerah termiskin di Sumatera,” tegas Tarmizi Age lulusan sekolah AMU Denmark, yang pernah aktif memajukan Industri Kelapa di Bireuen, Aceh, walau sulit mendapat dukungan dari pemerintah setempat.[andinova | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *