Aceh  

Berantas Rentenir, Pemkab Atam Bentuk Lembaga Mikro Syariah

halaman7.com Aceh Tamiang: Dalam menanggulangi dan memberantas rentenir di Kabupaten Aceh Tamiang, pemerintah setempat membentuk lembaga mikro syariah.

Dalam rencananya, Bupati Aceh Tamiang, Mursil akan memperkuat ekonomi rakyat dengan membangun Lembaga Keuangan Syari’ah pada setiap Kampung.

Pelaksanaan kegiatan dana bergulir ini, akan dibuat semacam Lembaga Keuangan Syari’ah yang menyediakan akses layanan keuangan kepada rumah tangga yang kurang mampu. Caranya, dengan memberikan pinjaman secara berkelompok untuk suatu usaha tertentu.

Tujuan guna peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dengan begitu seperti ibu-ibu rumah tangga tidak terjebak dengan pinjaman dari rentenir.

“Yang sudah-sudah, praktik yang dilakukan para rentenir sudah sangat meresahkan masyarakat yang kontra terhadap hal tersebut,” ujar Bupati Aceh Tamiang, Rabu 22 Juli 2020.

Hal itu tercetus, saat Bupati Mursil bersama Dinas Pemerintahan Mukim Kampung Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana melaksanakan Rapat Koordinasi. Guna membahas Dana Bergulir pasca berakhirnya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP).

Rapat berlangsung di ruang rapat bupati bersama seluruh pengurus Unit Pelaksanaan Kegiatan (UPK) dan Pengurus Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD).

“Rapat ini untuk mencari solusi akibat maraknya praktik riba di tengah masyarakat kampung dalam wilayah Aceh Tamiang,” tegas Bupati Mursil.

INFO Terkait:

Kembali pada penguatan ekonomi rakyat, Mursil mengatakan, Ia telah menunjuk Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Abdullah untuk membentuk Lembaga Mikro Syariah.

Sementara, lembaga-lembaga yang sudah ada pada setiap kampung agar terus dijalankan serta diperkuat manajemennya.

“Saya berharap Lembaga-lembaga Mikro Syari’ah yang berkembang pada setiap kampung, selain mampu mensejahterakan masyarakat juga mampu mengkroyok dan membumihanguskan para rentenir,” harap Mursil.[Antoedy]

Baca Juga  Pasien Covid-19 Asal Aceh Tamiang Pulang
Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.