Aceh Besar Raih Penghargaan Kabupaten Terbaik Kinerja dan Sinergisitas Penanggulan Bencana

halaman7.com – Jakarta: Kabupaten Aceh Besar meraih penghargaan sebagai salah satu kabupaten terbaik atas Kinerja dan Sinergisitas dalam penanggulangan bencana ditanah air.

Penghargaan ini diterima langsung Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Letjen TNI Doni Monardo dalam Rakornas BNPB 2021, Rabu 10 Maret 2021 di Jakarta.

Selain Aceh Besar, penghargaan serupa juga diraih Kabupaten Bekasi, Banjar, Tanah Laut, Maluku Tenggara, Tabanan dan Bantul.

Sementara untuk kategori Provinsi diraih Papua Barat, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Untuk kategori Kota diraih Ambon, Bontang, Cilegon, Kupang, Sorong, Tidore, Kepulauan Riau dan Padang.

Untuk kategori media, konten dan kampanye edukasi perubahan perilaku diraih Kompas, Metro TV, Harian Jogja, Lombok TV, MNC Trijaya, Detik.com dan RRI.

Untuk kategori perguruan tinggi diraih IPB Bogor, UI Jakarta, UGM Jogjakarta dan Universitas Tadulako. Sementara untuk kategori lembaga usaha diraih Garuda Indonesia, Bank Danamon, BRI, BNI dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.

Rakornas BNPB sebelumnya dibuka Presiden Joko Widodo pada Rabu 3 Maret 2021 lalu. Kemudian, pada Rabu 10 Maret 2021 sore berakhir. Ditutup Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Prof Muhajir Effendy.

Penutupan ini juga dirangkai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Kepala BNPB Doni Monardo sekaligus sebagai peringatan HUT ke 13 BNPB 2021 ini. Nasi tumpeng tersebut diserahkan kepada Menko PMK Muhajir Effendi dan Mantan Kepala BNPB 2006-2015 Prof Syamsul Maarif.

Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo mengatakan dalam melawan mewabahnya Covid-19 di Indonesia. Diperlukan peran serta seluruh lapisan masyarakat untuk memutus penyebaran virus tersebut.

“Kami yakin di bawah leadership Presiden Joko Widodo. Dengan didukung penta helix, yaitu kekuatan pemerintah, kekuatan komunitas/masyarakat, kekuatan para akademisi, kekuatan dunia usaha, dan kekuatan media, bencana non alam ini mampu kita atasi secara bersama sama,” tegasnya.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *