Jelang HUT RI, TNI-Polri Bersihkan Makam Ulama dan Tokoh

halaman7.com Aceh Timur: Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan  Republik Indonesia, personel TNI-Polri di Aceh Timur membersihkan makam tokoh dan ulama di daerah tersebut.

Di Ranto Peureulak Panjang, personel Koramil dan Polsek bersama masyarakat melakukan bakti sosial gotong royong membersihkan makam dr Zubir Mahmud di Desa Pasir Putih, Kecamatan Rantau Panjang Peureulak, Minggu 15 Agustus 2021.

Sedangkan di Julok, anggota Koramil dan Polsek serta perangkat gampong bergotong royong membersihkan Makam Ulama Tgk Awee Duek di Gampong Keude Kuta Binjei, Kecamatan Julok Aceh Timur.

Zubir Mahmud

Bagi masyarakat Aceh Timur, Zubir Mahmud bukan nama yang asing lagi. Dia terkenal pada era tahun 1980-an sebagai salah satu tokoh perjuangan Aceh dalam semangat pengabdiannya dalam bidang kesehatan.

Bagi masyarakat Aceh Timur, sosok Zubir Mahmud  dianggap sebagai pahlawan. Dia meninggal pada pada masa konflik. Zubir Mahmud adalah putra Teungku Mahmud Ranto Panjang, Ulama asal Peureulak.

Danramil Ranto Peureulak Panjang, Kapten Inf Wagimin meyampaikan bakti sosial ini sebagai bentuk penghormatan dan kepedulian pada pahlawan yang sudah berjuang untuk masyarakat.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus menghargai jasa para pahlawan kita,” ujarnya sambil menambahkan, sebelum melakukan pembersihan makam.

Tgk Awee Duek

Sementara itu, dalam pembersihan makam ulama Tgk Awee Duek, sekaligus rangkaian memperingati HUT ke 76 Republik Indonesia.

Danramil Julok, Lettu Inf Andry Haryono bergotong-royong bersama masyarakat membersihkan sekeliling area makam ulama. Mengecat tembok, pemasangan batu nisan, menabur batu putih dan pemasangan pamvlet makam.

“Ini adalah wujud sinergitas TNI/Polri bersama masyarakat untuk memberikan penghormatan kepada ulama,” sebut Danramil.

Sementara itu, Geuchik (Kepala Desa) Muhammad Razi menyambut baik apa yang telah dilaksanakan oleh TNI/Polri.

Kegiatan ini juga sebagai momentum memperingati Perdamaian MoU Helsinki dan Dirgahayu ke 76 Republik Indonesia.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *