Mendagri Apresiasi Salpol PP dan Satlinmas

Dedikasi Pada Pemilu 2024

Sekda Langsa, pimpin peringatan HUT sejumlah instansi di Langsa.[FOTO: h7 - dok humas pemko]

halaman7.com – Langsa: Pemerintah Kota Langsa menggelar Upacara Peringati HUT ke 105 Pemadam Kebakaran (Damkar), HUT ke 74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke 62 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan HUT ke 21 Wilayatul Hisbah (WH) Kota Langsa 2024 di halaman Pendopo Walikota Langsa, Rabu 6 Maret 2024.

Upacara yang dipimpin Sekda Kota Langsa, Ir Said Mahdum Majid itu berlangsung hikmat dan lancar. Turut diikuti Forkopimda, Pimpinan OPD, TNI-Polri, anggota Damkar, Satpol PP, Satlinmas dan WH Kota Langsa.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam sambutannya yang dibacakan Said Mahdum Majid menyampaikan salam sekaligus apresiasi serta penghargaan kepada seluruh anggota Damkar, Satpol PP, Wilayatul Hisabah dan Satlinmas di seluruh Indonesia atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini.

“Melalui momentum perayaan hari jadi, Damkar, Satpol PP, Satlinmas dan WH tahun ini, pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, masyarakat dan pemerintah dapat terus ditingkatkan dengan semangat, kompetensi dan profesionalitas,” ujar Mendagri.

Sesuai Pasal 255 ayat (1) Undang-undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (ditetapkan 30 September 2014), Satpol PP memiliki peran yang besar. Dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat serta menegakan Peraturan Daerah.

“Satpol PP mempunyai andil besar dalam menciptakan situasi dan kondisi yang tentram, tertib dan teratur dalam menegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, peran strategis Satpol PP dalam menciptakan situasi yang kondusif telah dibuktikan pada saat pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Satpol PP dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemilu melalui penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), Distribusi Logistik dan hal teknis pendukung lainnya.[Antoedy]

Baca Juga  Mariani, Dapat Rumah dari Kapolres Aceh Timur

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *