Bermodal 9 Pemain di Premier League, Timnas Pusat Bersiap ke Final Euro 2024

Tim Belanda vs Inggris di Semifinal Euro 2024.[FOTO: h7 - dok litbang]

halaman7.com – Banda Aceh: Timnas Pusat julukan Timnas Belanda yang diberikan para penggemar bola tanah air, Indonesia, bersiap menantang Spanyol di final Piala Eropa (Euro) 2024, dini hari nanti, Kamis 11 Juli 2024 di di Signal Iduna Park/BVB Stadion Dortmund, pukul 02.00 Wib.

Setidaknya bermodalkan 9 pemain Belanda yang saat ini meruput diberbagai klub liga kasta tertinggi di Inggris, Premier League. Belanda merasa optimis bisa memenangkan pertarungan di semifinal Euro 2024, dini hari nanti.

Ke 9 pemain Belanda ini, Bart Verbruggen, kiper utama Belanda yang bermian di Brighton & Hove Albion. Virgil van Dijk, Kapten Belanda ini sudah berkarier di Inggris sejak musim 2015/2016 dan kini membela Liverpool.

Kemudian ada nama, Nathan Ake yang cukup lama di Chelsea sejak usia 15 tahun, kini merumput di Manchester City. Ryan Gravenberch yang merumput di Liverpool, setelah sempat mengawali karier di Ajax Amsterdam, Balanda dan Bayern Munich, Jerman.

Nama, Wout Weghorst juga bagian pemain Belanda yang merumput di Inggris, di Burnley sejak 2022. Selain klub yang dibela saat ini, Weghorst juga sempat menjajal kemampuan di Besiktas, Manchester United, dan Hoffenheim.

Cody Gakpo, yang mampu mencuri perhatian selama Euro 2024, kini merumput di Liverpool sejak 2023. Gakpo mencuri perhatian saat tampil di Piala Dunia 2022. Kemudian, Micky van de Ven yang kini membela Tottenham Hotspur.

Selain nama di atas, ada dua nama lagi, yakni Ian Maatsen dan Mark Flekken. Bek sayap Belanda, Maatsen ini sudah berkarier di Inggris sejak usia 17 tahun. Kini, Maatsen terikat kontrak dengan Aston Villa.

Nama terakhir, Flekken yang kini membela Brentford. Kiper nomor dua Belanda ini bermian di Liga Inggris sejak 2023, setelah sebelumnya sempat merumput di empat klub Liga Jerman.

Baca Juga  Peringatan Haornas Dilakukan Secara Sederhana

Meskipun demikian, Inggris tentu tidak kehilangan akal menghadapi Belanda, dini hari nanti. Inggris yang masih tertumpu pada Saka, Bellingham, Kane tentu berharap bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya, guna menjaga asa final Euro 2024.

Juru taktik Inggris, Gareth Southgate sudah mempersiapkan amunisi terbaik menahan gempuran serdadu Belanda yang menimba ilmu di Inggris. Tentu saja, Bellingham dan Kane akan lebih agresif untuk menunjukan jadi diri mereka sebagai seorang penyerang berbahaya.

Melihat produktivitas selama gelaran Euro, Belanda lebih diunggulkan dari Inggris. Dari lima laga yang sudah dilalui,  Belanda sudah mengoleksi 9 gol dan kebobolan 5 gol. Sedangkan Inggris masih miskin gol, sejauh ini hingga babak perempat final baru mengoleksi, 5 gol dan kebobolan 3 gol.

Prediksi kemenangan

Melihat produktivitas dan performa selama gelaran Euro, Belanda menunjukan peningkatkan performa yang baik dari fase grup ke babak penyisihan. Persentase kemenangan Belanda bisa mencapai 35 persen, Inggris 30 persen dan 35 persen lainnya berkahir imbang.

Jikapun Belanda menang, skor 1-0 sudah cukup bagi mereka melaju ke final Euro 2024. Namun, ada kemungkinan, penentuan kemenangan antar Belanda dan Inggris ditentukan lewat adu penalti.[andinova | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *