Presiden Tetapkan Indonesia Darurat Kesehatan Masyarakat

halaman7.com – Jakarta: Menghadapi wabah Covid-19 ini, pemerintah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat.

“Untuk mengatasinya, opsi yang kita pilih adalah pembatasan sosial berskala besar atau PSBB, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan,” tulis Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam akun instagramnya @jokowi pada, Selasa 31 Maret 2020.

Pemerintah juga sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah tentang PSBB dan Keputusan Presiden tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat untuk melaksanakan amanat UU tersebut.

“Para kepala daerah saya minta tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi,” tegas Jokowi dalam status instagram yang telah dikomentari para 4.887 netizen tersebut.

Ditulis presiden, semua kebijakan di daerah harus sesuai dengan peraturan, berada dalam koridor undang-undang dan PP serta Keppres tersebut.

Polri juga dapat mengambil langkah-langkah penegakan hukum yang terukur dan sesuai undang-undang agar PSBB dapat berlaku secara efektif dan mencapai tujuan mencegah meluasnya wabah.

Unggahan presiden @jokowi ini, hingga Rabu, 1 April 2020, pukul 07.00 ini telah disukai netizen sebanyak 267.407 dengan beragam komentar positif. Diantaranya dari pemilik akun @diahollyskrw yang menyatakan “Semangat pakdhe”.

Sedangkan pemilik akun atas nama @pkprameswari  malah menyampaikan kondisi di daerahnya yang berbunyi “Pak, ini kampung/kampung/ RW/RW pada isolasi/karantina mandiri, tapi pada prakteknya Yang jaga di portal malah pada nongkrong-nongkrong rame-rame deh. Malah jadi seru sendiri gitu Pak 😂.
[andinova/red 01]

2 tanggapan untuk “Presiden Tetapkan Indonesia Darurat Kesehatan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *