Soal Anggaran, DPRD Langkat Cari Masukan ke Aceh Tamiang

halaman7.com – Aceh Tamiang: Wakil Bupati Aceh Tamiang T Insyafuddin, menerima kunjungan kerja DPRD Langkat yang dipimpin Wakil Ketua I Dr Donny Setha di Aula Setdakab Aceh Tamiang, Kamis 16 Juli 2020.

Kedatangan DPRD Langkat ini selain bersilaturrahmi, juga ingin mengetahui perubahan anggaran 2020 dan pembahasan anggaran 2021 mendatang di tengah masa covid-19.

Wakil Bupati T Insyafuddin menjelaskan terkait pembahasan anggaran, bisa langsung berkoordinasi dengan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs Abdullah.

Abdullah sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala BPKD Aceh Tamiang serta perwakilan dari Bappeda dan juga bidang asset.

Sementara itu Wakil Ketua I, Dr Donny Setha menjelaskan selain selain bersilaturahmi juga membahas beberapa poin penting terkait anggaran perubahan APBD 2020 dan rancangan APBD 2021.

Dalam kesempatan ini, DPRK Langkat ingin berkoordinasi dengan Pemkab Aceh Tamiang terkait bagaimana mekanisme yang diambil Pemkab Aceh Tamiang dalam penyusunan anggaran 2021.

Terutama, terkait dengan relokasi anggaran yang diperuntukkan dalam penanganan selama pandemi Covid-19.

Singkronisasi Anggaran

Donny juga menanyakan sinkronisasi anggaran pada perubahan APBD 2020 terkait beberapa kali pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19.

Begitu juga halnya, bagaimana juga Aceh Tamiang melakukan sinkronisasi atas usulan pokok pikiran DPRD yang tertuang dalam KUA/PPAS untuk dijadikan acuan para SKPD terkait penyusunan anggaran.

Wakil Ketua III DPRD Langkat Ralin Sinulingga SE turut menambahkan bahwa fenomena Covid-19 saat ini telah merubah sistem, khususnya terkait anggaran yang menyebabkan banyak perubahan di pos-pos tertentu.

Merujuk pada hal itu, Ralin mempertanyakan, apakah sudah ada solusi dari Pemerintah Pusat, mengingat PSBB sudah dialihkan menjadi New Normal dan apakah Aceh Tamiang juga menghadapi perubahan anggaran 2020.

“Dengan kondisi keuangan yang bergeser, apa solusi telah dilakukan Pemkab Aceh Tamiang,” tanya Ralin.

Refocusing

Menanggapi pertanyaan dari DPRD Langkat, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Tamiang, Abdullah menjawab uapaya yang dilakukan dalam menghadapi perubahan sistem dalam anggaran selama penanganan Covid-19.

“Pemkab Aceh Tamiang melakukan refocusing dengan menggeser anggaran yang ada di masing-masing SKPK,” ujar Abdullah.

Pemkab Aceh Tamiang juga berusaha semaksimal mungkin menyikapinya dengan bijak dengan mengarahkan anggaran  untuk penanganan percepatan pencegahan Covid-19 secara tepat.

Terkait sinkronisasi pokok pikiran DPRD, ini juga sebetulnya sama karena regulasinya cuma satu yaitu Permendagri 86 tahun 2017. Mungkin hanya dalam pelaksanaan ada sedikit berbeda antara Pemkab Aceh Tamiang dengan Kabupaten Langkat.

“Hanya saja itu bisa kita lakukan penyesuaian saja,” jelas Abdullah.[Antoedy]

Satu tanggapan untuk “Soal Anggaran, DPRD Langkat Cari Masukan ke Aceh Tamiang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *