Keluarga Benteng Utama Cegah Stunting

halaman7.com – Aceh Tamiang: Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin mengatakan Pemerintah telah bekerja keras untuk mengurangi stunting.

Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat, namun punya peran yang besar. Karenanya keluarga menjadi sekolah pertama bagi anak.

“Untuk itu, BKKBN menjadi berperan penting. Dimana tugasnya mengarahkan keluarga yang berkualitas dan sehat,” ujar Wapres pada puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28 secara virtual, Selasa 29 Juni 2021.

Dalam kegiatan yang juga  diikuti Pemkab Aceh Tamiang ini, lebih lanjt, Wapres mengatakan, stunting ini terjadi karena kurangnya gizi pada anak. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dengan menaikkan interpensi gizi diberbagai sektor bagi anak.

Hal itu tidak efektif jika keluarga tidak memperhatikan kualitas hidupnya. Keluarga memiliki peran penting dalam mencegah stunting.

Keluarga sebagai Benteng

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, mengatakan untuk mewujudkan generasi yang baik, dimulai dari keluarga. Terlebih saat pandemi ini, keluarga berperan penting menjadi benteng dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Jika semua keluarga aktif melakukan Prokes. Ini menjadi langkah besar dalam mengendalikan Covid-19,” ujarnya.

Disamping itu juga, vaksin merupakan program yang penting. Diharapkan masyarakat memiliki antibodi dari sistem kekebalan tubuh. Sehingga ketika terpapar virus maka anti bodi dapat menetralisir virus disamping upaya pencegahan menjaga prokes.

Kepala BKKBN dr Hasto Wadoyo SpOG mengharapkan, kepada generasi penerus kedepan untuk lebih berkualitas. Selain dihadapkan dengan pandemi, keluarga juga dihadapkan dengan Stunting yang sangat mempengaruhi masa depan.

Karenanya resiko tersebut harus dicegah sejak awal. Agar anak tumbuh menjadi sehat dan menjadi generasi berkualitas. Keluarga sebagai garda terdepan dalam hal apa saja termasuk mencegah stunting.

“Ada cara yang mudah murah dalam mencegah stunting. Yakni dengan menjaga kebersihan, gizi seimbang dan pola asuh yang menjadi perhatian penting,” jelasnya.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *