Lantunan Al Quran, Ahsin Mendunia

Generasi Indonesia yang Berdaya Saing Global

Muhammad Ahsin saat tampil pada cabang tilawah event MTQ Internasional di Aljazair.[FOTO: h7 – dok keluarga]

Catatan: Eddyanto SST

“KECIL kecil cabe rawit”. Mungkin ungkapan tersebut sudah tak asing lagi di telinga kita. Kecil-kecil cabe rawit. Artinya meskipun fisiknya kecil namun memiliki kemampuan yang luar biasa.

Eddyanto
Eddyanto

Inilah yang ditunjukkan bocah cilik asal Kota Langsa, Muhammad Ahsin (9 tahun). Berhasil mengharumkan nama Indonesia dan Kota Langsa khususnya. Dengan menjadi juara ke dua Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) International Mazamir Daud ke 7 di Aljazair. Medio pertengahan Desember 2022 lalu (10-17 Desember 2022).

Meski diawal keberangkatan mengikuti even ini tak mengusung target apapun apalagi juara. Namun bocah cilik asal Langsa Aceh ini, berhasil masuk final cabang tilawah. Setelah menyisihkan dua peserta lainnya dari Mesir dan Irak. Ahsin tembus babak final bersama qari asal negeri jiran Malaysia Ahmad Azfar Azra’i.

Tak dipungkiri, publik dunia atau mata duniapun tertuju kepada pelantun pelantun ayat suci alquran cilik ini asal benua Asia khususnya kawasan Asia Tenggara ini.

Dua qari cilik, dari negeri serumpun, Indonesia dan Malaysia. Akhirnya mampu mengungguli qari asal jazirah Arab dan Afrika seperti Irak dan Mesir.

Ayah Ahsin, Tgk Nasruddin MPd yang intens mendampingi Ahsin di Aljazair selama lomba berlangsungpun. Tak kuasa  menahan tangis, sujud syukur kepada Allah SWT.

“Alhamdulillah, Ahsin tampil sangat luarbiasa maksimal. Untuk cabang tilawah pada babak 4 besar, yang digelar Jumat 16 Desember 2022, sore waktu Aljazair. Bersaing dengan qari dari Malaysia, Mesir dan Irak,” sebutnya.

Namun langkah Ahsin untuk merebut podium pertama pada even MTQ Internasional yang digelar Echorouk TV Aljazair tersebut keesokan harinya, dihentikan qari asal negeri jiran Malaysia, Ahamd Azfar Azrai. Tampil sebagai juara pertama.  Ahsin sudah tampil maksimal. Namun rivalnya dari negeri jiran tampil cukup baik dan sangat percaya diri.

Baca Juga  Pemko Langsa Bantu Korban Kebakaran Sungai Pauh

Atas kemenangannya ini, Ahsin menerima plakat dan hadiah uang tunai yang diserahkan Direktur TV Echouruq, Aljazair.

Apresiasi

Anggota DPR-RI Fraksi Partai Golkar, H Ilham Pangestu pun tampak memantau langkah Ahsin ke Aljazair ini. Pasca kemenangannya, dan pulang ketanah air. Ilham langsung menjamu dan memberikan plakat penghargaan kepada Muhammad Ahsin saat jamuan di  Kopi Aceh Karim, Jakarta Selatan, Rabu 21 Desember 2022.

Jamuan makan di Jakarta ini adalah sebagai bentuk perhatian. Juga apresiasi terhadap Ahsin yang telah menorehkan prestasi gemilang.

Apresiasi yang sama juga diberikan oleh Sekjen DPR-RI, Indra Iskandar, juga warga Aceh. Sekjen memberikan sebuah plakat dari DPR-RI kepada Muhammad Ahsin melalui Anggota DPR-RI, H Ilham Pangestu.

“Ahsin ini putra asli Kota Langsa yang telah mengharumkan nama Indonesia, juga Aceh pada umumnya dan terkhusus Kota Langsa,” sebut Ilham yang juga Ketua Partai Golkar Kota Langsa tersebut.

Kehadiran Ahsin dikancah internasional ini kiranya teladan bagi anak-anak Aceh lainnya. untuk bisa mengikuti jejaknya dalam dunia tilawah.

“Saya selaku anggota DPR-RI akan selalu memberikan semangat bagi anak-anak di Aceh lainnya. Kiranya ikuti jejak Ahsin yang telah mengharumkan nama Aceh,” pinta Ilham.

Demikian pula dengan hadirnya IPQAH  Kota Langsa yang telah mencetak qari dan qariah handal. Kiranya diikuti balai ataupun dayah yang ada di Aceh. Agar melahirkan talenta muda untuk berkiprah di berbagai kancah nasional maupun internasional.

Diharapkan IPQAH Kota Langsa dapat melahirkan Ahsin-Ahsin lain. Bisa menorehkan prestasi gemilang menuju Langsa gemilang. Mewujudkan generasi Indonesia yang berdaya saing global. Semoga.[]

Penulis, redaktur dan Kepala Biro halaman7.com wilayah Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *