Ini Profil Irjen Achmad Kartiko, Kapolda Aceh yang Baru

halaman7.com – Banda Aceh: Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Pol Achmad Kartiko, menjadi Kapolda Aceh menggantikan Irjen Pol Ahmad Haydar yang selama ini menjabat Kapolda Aceh.

Irjen Pol Achmad Kartiko selama ini seorang perwira tinggi (Pati) di Baintelkam Polri yang bertugas di Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Pergantian Kapolda Aceh ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2164/IX/KEP./2023 tertanggal 26 September 2023.

Irjen Pol Ahmad Haydar dimutasi sebagai Pati Polda Aceh dalam rangka menghadapi pensiun.

Selain Kapolda Aceh, Irjen Achmad Kartiko, Kapolri juga menunjuk putra asal Aceh, Kombes Pol Armia Fahmi sebagai Wakapolda Aceh.menggantikan posisi yang ditinggalkan Brigjen Pol Syamsul Bahri yang juga memasuki masa pensiun.

Dari penelusuran halaman7.com, Irjen Pol Achmad Kartiko, kelahiran 20 Maret 1968 adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 25 Agustus 2021.

Lulus Akpol pada 1991, melanjutkan PTIK Sespim dan terakhir Sespimti pada 2014.

Karir dan Jabatan
Sejumlah jabatan, dari berbagai jenjang sudah dijalani. Di Polda Riau, pernah menjabat Kapolres Indragiri Hilir, Kapolres Bengkalis hingga Wadi Rreskrimum Polda Riau pada 2011.

Sekpri Kapolri Spripim Polri Jenderal Pol Timor Pradopo, pada 2012, Kapolresta Depok, Polda Metro Jaya 2012, Analis Kebijakan Madya Bidang Sosbud Baintelkam Polri pada 2014. Kembali ke Polda Jatim sebagai Dir Intelkam pada 2015.

Selepas dari Jawa Timur, ditarik ke Mabes Polri sebagai Kabidkerma Baintelkam Polri 2016, Karo Analis Baintelkam Polri 2020, Pati Baintelkam Polri (Penugasan Pada BP2MI sebagai Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa Dan Timur Tengah BP2MI) sejak 2021.

Akhirnya dipercaya menjadi Kapolda Aceh pada September 2023.[andinova | red 01]

Baca Juga  Tragedi Terburuk Sepakbola Indonesia

Facebook Comments Box

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *